mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Berikut info skripsi aakuntansi lengkap. Melalui srtikel berjudul Contoh 420 Skripsi Akuntansi Lengkap Terbaik ini saya ingin menginformasikan cantoh skripsi akuntansi secara lebih detail untuk teman-teman mahasiswa akuntansi semua.

Dalam contoh skripsi ini saya akan mencoba memberi informasi selengkap mungkin.

ANALISA PERBANDINGAN SISTEM PEMBERIAN KREDIT SECARA KONVENSIONAL DAN SYARIAH PADA PT BNI (PERSERO)

ABSTRAK
Mahmudah, 080522004, skripsi ini berjudul Analisa Perbandingan Sistem Pemberian Kredit Secara Konvensional dan Syariah Pada PT BNI (Persero) Tbk. Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan.

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dampak atas pengaruh perbedaan sistem pemberian kredit secara konvensional dan syariah pada PT BNI (Persero) Tbk. Sentra Kredit Kecil Medan dan Anak Perusahaan PT BNI Syariah Cabang Medan.

Pada penelitian ini, data-data informasi yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan. Kajian deskriptif merupakan kajian non hipotesis, sehingga dalam langkah kajian tidak perlu
merumuskan hipotesis.

Dalam metode analisis ini akan membandingkan antara prosedur secara deskriptif dari sistem pemberian kredit pada bank konvensional dan bank syariah pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa system pemberian kredit secara konvensional dan syariah pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Tbk Cabang Medan mempunyai perbedaan dalam hal
akad yang dilakukan dalam sistem pemberian kredit/pembiayaan.

Akad yang dilakukan pada PT BNI Syariah Tbk cabang Medan menggunakan akad yang halal dimana tidak ada unsur riba/bunga dalam perjanjian tersebut melainkan sistem bagi hasil. Berbeda dengan PT BNI (Persero) Sentra Kredit Kecil Medan menggunakan bunga dalam perjanjian sebagai keuntungan dari jasa yang telah diberikan.

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan perekonomian di Indonesia yang semakin maju, menyebabkan banyak bermunculan bank-bank yang menawarkan berbagai fasilitas layanan seperti menerima simpanan, menerima pembayaran setoran listrik, telepon, air, pajak, uang kuliah, dan pembayaran lainnya termasuk didalamnya pemberian kredit.

Menurut UU No.10 tahun 1998 mendefenisikan kredit sebagai penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian mengenai latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan : Apa dampak atas pengaruh sistem pemberian kredit secara konvensional dan syariah pada PT BNI (persero) dan PT BNI Syariah
Cabang Medan?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dalam  penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dampak atas pengaruh perbedaan sistem pemberian kredit secara konvensional dan syariah pada PT BNI (Persero) Tbk
Sentra Kredit Kecil Medan dan Anak Perusahaan PT BNI Syariah Cabang Medan.

D. Manfaat Penelitian
Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat:

  1. Bagi penulis sendiri, penelitian ini bermanfaat dalam memperluas wawasan dengan membandingkan antara teori-teori yang dipelajari di bangku kuliah dengan prektek yang sebenarnnya di lapangan.
  2. Bagi bank, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan atau masukan yang berkaitan dengan sistem pemberian kredit.
  3. Bagi pihak-pihak lain, khususnya bagi almamater Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi penelitiannya.

E. Kerangka Konseptual
Salah satu kegiatan utama dari perbankan adalah penyaluran dana yang sering disebut dengan kredit atau pembiayaan pada bank yang berdasarkan prinsip syariah. Sistem pemberian kredit yang dilakukan pada bank konvensional berbeda
dengan sistem pemberian kredit pada bank syariah yang menggunakan prinsip syariah. Maka dalam penelitian ini dilakukan analisa perbandingan sistem pemberian kredit pada bank konvensional dan bank syariah.

 

BAB II
LANDASAN TEORI
A. Uraian Teoritis
1. Pengertian Sistem
Menurut James A.Hall (2001:5), sebuah sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan atau subsistemsubsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama. Melalui sistem maka penyelenggaraan operasional perusahaan diharapkan dapat terjalin rapi dan terkoordinasi.

Sedangkan menurut Mulyadi (2001:5), sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Dari beberapa pengertian diatas maka dapat diambil kesimpulan mengenai pengertian sistem bahwa sistem adalah prosedur/tahapan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang sama.

 

BAB III
METODE PENELITIAN
A. Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil
Medan di Jln Kapten Maulana Lubis, dan PT BNI Syariah Cabang Medan berada
Jl. Sutomo No. 12 Medan.
B. Jenis Data
1. Data Primer
Menurut Nur indriantoro dan bambang supomo (2002:146) “data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung darisumber asli (tidak melalui media perantara)”. Data primer yang dikumpulkan menggunakan metode survey. Menurut Nur indriantoro dan bambang supomo (2002:152) “metode survey merupakan metode pengumpulan data primer berdasarkan komunikasi antara peneliti dengan responden”. Responden dalam
penelitian ini adalah pengawai PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan khususnya bagian kredit. Data primer yang akan diperoleh dari perusahaan adalah keterangan mengenai unsur-unsur yang terkait dalam sistem pemberian kredit/pembiayaan.

2. Data Sekunder
Menurut Arfan ikhsan dan Imam Ghozali (2006:28) “Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara”. Data sekunder dari perusahaan berupa gambaran umum perusahaan, dan struktur organisasi, pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan.

 

C. Teknik Pengumpulan Data
1. Metode Wawancara
Menurut Nur indriantoro dan bambang supomo (2002:152), “Wawancara merupakan teknik pengumpulan data dalam metode survey yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada subjek penelian”. Teknik wawancara ini digunakan untuk melengkapi data tentang unsur-unsur yang terkait dalam sistem pemberian kredit pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan dengan melakukan serangkaian Tanya jawab dengan pihak Bank khususnya bagian kredit atau pembiayaan.
2. Dokumentasi
Metode dokumentasi yaitu suatu usaha yang dilakukan dalam kajian untuk mengumpulkan data dengan cara menggunakan dokumen yang tersedia sebagai sumber informasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Metode
dokumentasi ini digunakan untuk mengumpulkan data-data tentang sistem yang diterapkan dalam pemberian kredit pada PT. BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Medan dan PT BNI Syariah Tbk Cabang Medan.

 

D. Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini, data-data informasi yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan. Kajian deskriptif merupakan kajian non hipotesis, sehingga dalam langkah kajian tidak
perlu merumuskan hipotesis. Dalam metode analisis ini akan membandingkan antara prosedur secara deskriptif dari sistem pemberian kredit pada bank konvensional dan bank syariah pada PT BNI (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil
Medan dan PT BNI Syariah Cabang Medan.

 

BAB IV
ANALISA HASIL PEMBAHASAN

 

Setelah menlihat penjelasan di atas Anda pasti sudah tahu bagaimana cara menyusun skripsi atau proposal skripsi akuntansi lengkap. dan Berikut saya berikan beberapa contoh judul skripsi akuntansi yang mungkin mudah dikerjakan.

  • Peranan Satuan Pengawasan Intern Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)
  • Peranan Pengawasan Internal Dalam Penerimaan Pendapatan Retribusi Sebagai Pendapatan Asli Daerah
  • Perbedaan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Sebelum Dan Sesudah Krisis Keuangan Global
  • Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Menilai Kinerja Pusat Biaya pada (PDAM)
  • Pengaruh With Holding System terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Pengusaha Kena Pajak
  • Pengaruh penerapan corporate governance terhadap kinerja profitabilitas dan kinerja pasar
  • Pengaruh Partisipasi Anggaran Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pdam XXX
  • Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, PDRBjasa dan Bagi Hasil Pajak terhadap Kapasitas Fiskal Daerah

Demikianlah informasi penting tentang skripsi akuntansi yang berjudul Contoh 420 Skroga bermanfaat buat teman-teman mahasuipsi Akuntansi Lengkap Terbaik yang mahasiswa akuntansi semua di Indonesia.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!