mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Analisis Efektivitas Biaya Pada Kasus Bedah Sesar Yang Menggunakan Antibiotika Profilaksis Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Pada Tahun 2010. Bedah sesar merupakan pilihan yang sering dilakukan apabila proses melahirkan secara normal menimbulkan komplikasi pada ibu maupun bayi.

DAlam Skripsi Farmasi Analisis Efektivitas Biaya Pada Kasus Bedah Sesar Yang Menggunakan Antibiotika Profilaksis Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Pada Tahun 2010 ini dibahas bahwa bedah sesar rentan terhadap kontaminasi bakteri selama operasi, sehingga pemberian antibiotik profilaksis sangat dianjurkan. Pilihan antibiotik profilaksis bedah sesar bervariasi, oleh karena itu diperlukan pertimbangan dari segi efektivitas biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar total biaya perawatan bedah sesar dan efektivitas biaya antibiotik profilaksis pada kasus bedah sesar di RSUP H. Adam Malik Medan.

Penelitian Skripsi Farmasi Analisis Efektivitas Biaya Pada Kasus Bedah Sesar Yang Menggunakan Antibiotika Profilaksis Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Pada Tahun 2010 ini menggunakan metode cross-sectional dengan mengambil data melalui rekam medik pasien secara retrospektif. Sebanyak 9 pasien menjalani bedah sesar elektif dengan 6 jenis alternatif penggunaan antibiotik dan 18 pasien menjalani bedah sesar non-elektif dengan 12 jenis alternatif penggunaan antibiotik. Berdasarkan perhitungan Average Cost Effectiveness Ratio (ACER) diperoleh bahwa efektivitas biaya penggunaan antibiotik pada bedah sesar elektif yang lebih baik adalah antibiotik multidosis antara Ampicilin dan Gentamisin injeksi dengan Cefadroksil oral. Ratio efektivitas antibiotik ini adalah Rp 4.328.240,00.

Sedangkan efektivitas biaya pada bedah sesar non-elektif yang lebih baik adalah Cefotaxim injeksi dengan Cefadroksil oral. Ratio efektivitas antibiotik ini adalah Rp 4.789.010,00. Efektivitas pengobatan pada kasus bedah sesar elektif yang lebih baik adalah antibiotik multidosis Cefotaxim dan Gentamisin injeksi dengan Cefadroksil dan Metronidazol dengan rata-rata waktu kering luka operasi hari ke-3 dan rata-rata hari rawat inap 4,33 hari. Sedangkan pada bedah sesar non-elektif adalah Cefotaxim injeksi dengan cefadroksil oral dengan rata-rata waktu kering luka operasi hari ke-3 dan rata-rata hari rawat inap 3 hari. Skripsi Farmasi Analisis Efektivitas Biaya Pada Kasus Bedah Sesar Yang Menggunakan Antibiotika Profilaksis Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Pada Tahun 2010.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!