mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi ANALISIS PEMBERIAN INTERVENSI PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI PUSKESMAS. Dibawah ini adalah tujuan penelitian, hipotesa, rancangan penelitian dan pembahasan lainnya tentang skripsi ini. Penjelasan ini sangat membantu anda yang ingin mengambil skripsi topik ini.

Tujuan Penelitian

  1. Membandingkan efek pemberian intervensi pendidikan kesehatan dalam bentuk leaflet dengan kombinasi leaflet dan ceramah terhadap kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis di Puskesmas Kecamatan Cimanggis Kota Depok.
  2. Menganalisis pengaruh karakteristik responden terhadap kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis masing-masing kelompok perlakuan di Puskesmas Kecamatan Cimanggis Kota Depok.

Hipotesis

  1. Terjadi peningkatan kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis setelah pemberian intervensi pendidikan kesehatan berupa leaflet.
  2. Terjadi peningkatan kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis setelah pemberian kombinasi intervensi pendidikan kesehatan berupa leaflet dan ceramah.
  3. Pemberian kombinasi intervensi pendidikan kesehatan berupa leaflet dan ceramah meningkatkan kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian intervensi pendidikan kesehatan berupa leaflet.
  4. Karakteristik responden pada masing-masing kelompok perlakuan mempengaruhi kepatuhan penggunaan obat anti tuberkulosis.

Rancangan Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian intervensi (intervention study) dengan metode two groups pretest posttest. Pengukuran dan pengambilan data dilakukan melalui wawancara bebas terpimpin dengan pedoman pertanyaan berupa kuesioner 8-items Morisky scale.

Responden penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok perlakuan 1 adalah kelompok dengan pasien yang hanya menerima intervensi leaflet saja. Kelompok perlakuan 2 adalah kelompok dengan pasien yang menerima intervensi leaflet dan ceramah.

Sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada masing-masing kelompok, dilakukan pengukuran status tingkat kepatuhan penggunaan obat pada subjek penelitian dengan wawancara menggunakan penuntun pertanyaan berupa kuesioner 8-items Morisky Scale. Hasil dari kedua kelompok tersebut kemudian dibandingkan untuk melihat adanya perbedaan status kepatuhan pasien.

Populasi Dan Sampel
Pretesta

  1. Populasi adalah semua pasien tuberkulosis atau pendamping pasien tuberkulosis yang terdaftar berobat di Puskesmas Kecamatan Cimanggis dan mulaipengobatan pa da bulan November – Maret . Pendamping pasien adalah seseorang yang mengawasi pasien saat mengkonsumsi / menelan obat (PMO = Pengawas Menelan Obat). Pendamping pada pasien TB anak dan lansia (yang membutuhkan pendamping) berperan sebagai perantara penerima intervensi
  2. Sampel penelitian adalah pasien tuberkulosis atau pendamping pasien tuberkulosis yang sesuai dengan kriteria inklusi yang terdaftar berobat di Puskesmas Kecamatan Cimanggis dan mulai pengobatan pada bulan November – Maret . Pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan metode total sampling.

Posttest

  1. Populasi adalah semua pasien tuberkulosis atau pendamping pasien tuberkulosis yang telah menjalani pretest yang terdaftar berobat di Puskesmas Kecamatan Cimanggis dan mulai pengobatan pada bulan November – Maret .
  2. Sampel penelitian adalah pasien tuberkulosis atau pendamping pasien tuberkulosis yang telah menjalani proses pretest (pasien pretest) dan bersedia menerima intervensi yang diperuntukkan bagi pasien tersebut.

Kriteria Inklusi Dan Eksklusi
Inklusi:

  1. Pasien semua umur dengan diagnosis tuberkulosis yang berobat di Puskesmas Kecamatan Cimanggis pada saat pengumpulan data dilakukan, mendapatkan OAT, dan terdaftar memulai pengobatan pada bulan November – Maret .
  2. Pasien atau pendamping pasien yang bersedia diwawancara dan bersedia menerima intervensi pendidikan kesehatan.

Eksklusi:
a. Pasien atau pendamping pasien yang tidak dapat membaca (buta huruf)
b. Pasien yang tidak mengikuti proses posttest.

Berikut ini adalah tujuan penelitian, hipotesa, rancangan penelitian dan pembahasan lainnya tentang Skripsi Farmasi ANALISIS PEMBERIAN INTERVENSI PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI PUSKESMAS. Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu para mahasiswa menambah referensi skripsinya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!