mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi FORMULASI DAN UJI PENETRASI NATRIUM DIKLOFENAK DALAM EMULSI DAN MIKROEMULSI MENGGUNAKAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) SEBAGAI FASE MINYAK . Informasi ini sangat membantu para mahasiswa mendapat referensi yang penting untuk menyusun skripsi. Dibawah ini adalah tujuan penelitian, alat dan bahan yang digunakan dan cara kerja penelitian.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan emulsi dan mikroemulsi
natrium diklofenak yang stabil dengan Virgin Coconut Oil sebagai fase minyak
serta melakukan pengamatan terhadap penetrasi natrium diklofenak dalam sediaan
emulsi dan mikroemulsi.

Alat
Timbangan analitik (Accu-Lab), timbangan gram (O’Haus), homogenizer (Omni-Multimix Inc., Malaysia), pH meter tipe-510 (Eutech Instrument, Singapura), lemari pendingin (Panasonic), oven (Memmert, Hongkong), viskometer Brookfield (Brookfield, Amerika Serikat), piknometer, Zetasizer nano S, Particle Size Analizer Beckmann Coulter, sentrifugator Kubota-5100 (Kubota, Jepang), tensiometer Du Nuoy model 21 (Cole Parmer), Sel Difusi Franz (Bengkel Gelas ITB, Indonesia), spektrofotometer UV-VIS 1601 (Shimadzu, Jepang), Termometer, dan alat-alat gelas.

Bahan
Natrium diklofenak (Yung Zip Chemical, Taiwan), VCO (Vermindo Internasional, Indonesia), Tween 80 (KaO), Span 80 (Indonesia), Propilen glikol (Dow Chemical), Etanol (Indonesia), Nipagin (India), Nipasol (Gujarat), Aqua destillata (Indonesia), BHT (SPPChemical), Asam sitrat (Merck, Jerman) , Karbomer 940 (Lubrizol, Hongkong), Natrium hidroksida (Merck, Jerman), Kalium dihidrogen fosfat (Merck, Jerman), Tikus betina galur Spraque-Dawley (IPB, Indonesia).

Cara Kerja
Karakterisasi Virgin Coconut Oil (VCO)
Pemeriksaan Organoleptis Virgin Coconut Oil (VCO) Virgin Coconut Oil (VCO) diperiksa organoleptisnya yang meliputi warna dan bau

Pengukuran Bobot Jenis Virgin Coconut Oil (VCO) (Departemen Kesehatan RI, 1995)
Bobot jenis diukur dengan menggunakan piknometer. Pada suhu ruangan (29°C), piknometer yang bersih dan kering ditimbang (A g). Kemudian piknometer diisi dengan air dan ditimbang (A1 g). Air dikeluarkan dari piknometer dan piknometer dibersihkan. Kemudian VCO diisikan ke dalam piknometer dan ditimbang (A2 g).

Pengukuran Tegangan Permukaan Virgin Coconut Oil (Instruction Manual Part # 105655 Surface Tensiomat Model 21, 2000)
Pengukuran tegangan permukaan dilakukan menggunakan alat Tensiometer Du Noy. VCO dimasukkan ke dalam wadah gelas sampai mencapai ketinggian 0,5 cm dari batas atas gelas. Wadah gelas diletakkan di atas meja, kemudian digerakkan ke atas hingga cincin platinum iridium berada pada kedalaman 0,5 cm dari permukaan minyak.

Knob torsion diputar pada sisi kanan atas hingga angka nol pada knob torsion sejajar dengan angka nol pada knob zero yang terdapat di depan knob torsion. Motor diletakkan pada posisi Neutral, lalu diubah ke posisi Down, cincin akan bergerak ke bawah dan knob zero mulai berputar.

Knob zero akan berhenti pada suatu angka yang akan menunjukkan tegangan permukaan VCO. Percobaan ini dilakukan sebanyak tiga kali. Angka yang dihasilkan (P) dikalikan dengan faktor koreksi (F) untuk menghasilkan tegangan antarmuka yang absolut.

Demikian tadi referensi yang penting untuk menyusun skripsi, antara lain tujuan penelitian, alat dan bahan yang digunakan dan cara kerja penelitian dalam Skripsi Farmasi FORMULASI DAN UJI PENETRASI NATRIUM DIKLOFENAK DALAM EMULSI DAN MIKROEMULSI MENGGUNAKAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) SEBAGAI FASE MINYAK. Semoga bermanfaat bagi para mahasiswa.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!