mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Formulasi Sediaan Krim Cair Tangan Dan Badan Menggunakan Sari Kacang Kedelai (Soya max L.) Sebagai Bahan Pelembab. Kacang kedelai (Soya max L.), famili : Papilionaceae, mengandung lesitin, asam lemak jenuh, protein, serta berbagai vitamin, sehingga kacang kedelai kemungkinan dapat digunakan sebagai pelembab.

Tujuan penelitian Skripsi Farmasi Formulasi Sediaan Krim Cair Tangan Dan Badan Menggunakan Sari Kacang Kedelai (Soya max L.) Sebagai Bahan Pelembab ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya sari kacang kedelai diformulasikan dalam sediaan krim cair tangan dan badan dan kemampuannya dalam mengurangi penguapan air dari kulit. Metode penelitian ini adalah eksperimental. Sari kacang kedelai diformulasikan dalam sediaan krim cair tangan dan badan sebagai pelembab dengan konsentrasi sari kacang kedelai yang digunakan adalah 1, 2, 3, 4, dan 5%, kemudian dibandingkan dengan blanko yang berupa dasar krim cair, sediaan yang mengandung gliserin 2%, dan salah satu sediaan pelembab yang ada di pasaran (Vaseline® total moisture lotion).

Beberapa pengujian Skripsi Farmasi Formulasi Sediaan Krim Cair Tangan Dan Badan Menggunakan Sari Kacang Kedelai (Soya max L.) Sebagai Bahan Pelembab ini telah dilakukan terhadap sediaan yaitu : uji homogenitas, penentuan tipe emulsi, pengukuran pH, pengamatan stabilitas fisik sediaan berupa perubahan warna, bau, dan pecahnya emulsi, uji iritasi terhadap kulit sukarelawan, penentuan kemampuan sediaan untuk mengurangi penguapan air dari kulit dengan menggunakan 12 orang sukarelawan wanita, dan pengukuran viskositas.

Hasil uji homogenitas Skripsi Farmasi Formulasi Sediaan Krim Cair Tangan Dan Badan Menggunakan Sari Kacang Kedelai (Soya max L.) Sebagai Bahan Pelembab ini menunjukkan bahwa sediaan krim cair yang dihasilkan semuanya homogen dan memiliki tipe emulsi m/a. Sediaan krim cair tangan dan badan mempunyai pH 6,7-7,0 dan tidak mengalami perubahan pH selama penyimpanan, stabil dalam penyimpanan selama 12 minggu,sedangkan sediaan sari kacang kedelai dengan konsentrasi 4 dan 5% mengalami perubahan bau dan pecah emulsi sebelum 12 minggu. Semua sediaan tidak mengiritasi kulit, serta mempunyai viskositas 3005-95000 cP. Hasil pengujian kemampuan pengurangan penguapan air dari kulit menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi sari kacang kedelai yang ditambahkan pada sediaan krim cair, maka semakin tinggi pula kemampuan sediaan krim tersebut menahan penguapan air dari kulit.

Dibandingkan dengan sediaan yang mengandung gliserin 2% dan Vaseline® total moisture lotion, ternyata sediaan sari kacang kedelai konsentrasi 2% dan 3% memiliki kemampuan yang sama dengan sediaan yang mengandung gliserin 2% untuk mengurangi penguapan air dari kulit, dan sediaan sari kacang kedelai konsentrasi 5% memiliki kemampuan yang sama dengan Vaseline® total misture lotion. Jadi, Sari kacang kedelai dengan konsentrasi 1, 2, dan 3% dapat diformulasikan dalam sediaan krim cair tangan dan badan tipe emulsi m/a karena memenuhi persyaratan sediaan yang tertera di literatur, sedangkan krim cair yang mengandung sari kacang kedelai 4 dan 5% tidak stabil dalam penyimpanan selama 12 minggu. Skripsi Farmasi Formulasi Sediaan Krim Cair Tangan Dan Badan Menggunakan Sari Kacang Kedelai (Soya max L.) Sebagai Bahan Pelembab.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!