mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Karakterisasi Simplisia, Isolasi Minyak Atsiri Dan Analisis Komponen Minyak Atsiri Secara Gc-Ms Dari Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet SM.). Minyak atsiri merupakan minyak yang mudah menguap dengan komposisi dan sifat fisika kimia yang berbeda-beda. Lempuyang gajah (Zingiber zerumbet SM.) famili Zingiberaceae adalah salah satu tanaman yang mengandung minyak atsiri.

Penelitian Skripsi Farmasi Karakterisasi Simplisia, Isolasi Minyak Atsiri Dan Analisis Komponen Minyak Atsiri Secara Gc-Ms Dari Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet SM.) yang dilakukan meliputi karakterisasi simplisia, isolasi minyak atsiri dengan cara destilasi air serta analisis komponen minyak atsiri dan fraksi kristalnya secara Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS) dari simplisia rimpang lempuyang gajah. Hasil karakterisasi simplisia rimpang lempuyang gajah diperoleh kadar air 7,98%; kadar sari yang larut dalam air 13,42%; kadar sari yang larut dalam etanol 9,19%; kadar abu total 3,92%; kadar abu yang tidak larut dalam asam 1,84%; hasil penetapan kadar minyak atsiri sebesar 6,43% v/b.

Hasil penetapan bobot jenis minyak atsiri sebesar 0,9241 dan indeks bias sebesar 1,4915. Hasil analisis GC-MS minyak atsiri yang diperoleh dari rimpang lempuyang gajah menunjukkan 26 komponen dan terdapat 5 senyawa sebagai komponen utama yaitu: zerumbone (38,10%), α-humulene (22,47%), humulene epoxide II (7,47%), ß-selinene (7,46%) dan (-) caryophyllene oxide (3,17%). Sedangkan hasil analisis GC-MS fraksi kristal minyak atsiri yang diperoleh dari rimpang lempuyang gajah menunjukkan 11 komponen dan terdapat 5 senyawa sebagai komponen utama yaitu: zerumbone (79,04%), α-humulene (13,59%), ßselinene (2,56%), humulene epoxide II (2,18%) dan caryophyllene (0,83%). Skripsi Farmasi Karakterisasi Simplisia, Isolasi Minyak Atsiri Dan Analisis Komponen Minyak Atsiri Secara Gc-Ms Dari Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet SM.).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!