mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi OPTIMASI KECEPATAN DISINTEGRASI DAN RASA PADA FORMULASI TABLET TERDISINTEGRASI CEPAT (FAST DISINTEGRATING TABLET) DOMPERIDON DENGAN SUPERDISINTEGRAN SODIUM STARCH GLYCOLATE DAN BAHAN PENGISI MANITOL . Dibawah ini adalah referensi penting untuk anda yang menyusun skripsi. Dibawah ini terdapat penjelasan tujuan penelitian , bahan , alat dan cara kerja yang digunakan dalam skripsi ini.

Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan untuk:

  1. Optimasi formulasi tablet domperidon yang optimal kecepatan disintegrasinya menggunakan superdisintegran sodium starch glycolate
  2. Optimasi formulasi yang memiliki rasa yang dapat diterima oleh konsumen dengan menggunakan berbagai konsentrasi manitol.

Bahan
Domperidon (Mega Fine/Abs); Sodium starch glycolate (DWM International,Belanda), Avicel® PH 102 (Gujarat Microwax Private, India); Laktosa Anhidrat (DWM International,Belanda); Manitol (Qingdao Bright Moon, RRC); Talk (Haichin, RRC); Magnesium stearat (Haichin,RRC); pewarna biru; Etanol (Merck); aquadest

Alat
Mesin pencetak tablet (Korsch, Jerman); Spektrofotometer UV-1800 (Shimadzu, Jepang); friability Tester tipe TAR (Erweka, Jerman); Hardness Tester tipe TBH 28 (Erweka, Jerman); Flowmeter tipe GDT (Erweka, Jerman); Bulk Density Tester (Erweka, Jerman); pH meter (Eutech pH 510,Singapura); timbangan analitik; alat-alat gelas

Cara kerja
Pembuatan Tablet terdisintegrasi Cepat
Pembuatan tablet terdisintegrasi cepat domperidon menggunakan metode cetak langsung dengan formula. Pada awal ditentukan terlebih dahulu formulasi yang memberikan waktu disintegrasi paling maksimal.

Domperidon dicampur dengan manitol, laktosa, sodium starch glycolate, Avicel® PH 102, magnesium stearat, dan talk lalu dihomogenisasi selama 15 menit dalam wadah plastik. Setelah diyakini homogen, massa yang didapat tadi dievaluasi dengan menggunakan uji massa tablet meliputi waktu alir, sudut diam dan kompresibilitas. Kemudian massa tadi dikempa langsung menggunakan mesin pencetak tablet sehingga didapat tablet seberat 250 mg.

Setelah tablet tersebut selesai dicetak, lakukan evaluasi terhadap tablet yaitu dengan menggunakan waktu disintegrasi dan waktu pembasahan untuk mengetahui formulasi yang menghasilkan waktu disintegrasi paling optimal. kesukaan.

Lalu cara pembuatan tabletnya sama dengan sebelumnya yaitu domperidon dicampur dengan manitol, laktosa, sodium starch glycolate, Avicel® PH 102, magnesium stearat, dan talk lalu dihomogenkan selama 15 menit dalam wadah plastik. Setelah diyakini homogen, massa yang didapat tadi dievaluasi dengan menggunakan uji massa tablet meliputi waktu alir, sudut diam dan kompresibilitas.

Kemudian massa tadi dikempa langsung menggunakan mesin pencetak tablet sehingga didapat tablet seberat 250 mg. Setelah tablet tersebut selesai dicetak, lakukan evaluasi terhadap tablet yaitu dengan menggunakan uji kekerasan, keregasan, waktu disintegrasi, waktu pembasahan, disolusi, keseragaman ukuran, keseragaman sediaan dan uji kesukaan.

Evaluasi Tablet dan Massa Tablet
Perbandingan Hausner dan Uji kompresibilitas
Massa tablet (m) ditimbang, dimasukkan ke dalam gelas ukur dan dibaca volume yang terlihat (V1). Gelas ukur diketuk-ketukkan sebanyak 300 kali selama 1 menit sampai volumenya tetap (V2), kemudian dimasukkan nilainya kedalam

Laju Alir dan Sudut Reposa
Sejumlah bahan ditimbang lalu masukkan ke dalam corong flowmeter, ratakan bagian atasnya. Alat dijalankan, ukur waktu yang dibutuhkan oleh seluruh bahan untuk mengalir melalui corong. Laju alir dinyatakan dalam gram/detik, dinyatakan baik jika mengalir tidak lebih dari 10 detik. Sedangkan untuk pengukuran sudut reposa dilakukan setelah serbuk mengalir bebas, diukur tinggi dan ½ lebar serbuk (Departemen Kesehatan Republik Indonesia,1995).

Demikian tadi adalah referensi penting untuk anda yang menyusun skripsi. Semua telah dijelaskan diatas tentang Skripsi Farmasi OPTIMASI KECEPATAN DISINTEGRASI DAN RASA PADA FORMULASI TABLET TERDISINTEGRASI CEPAT (FAST DISINTEGRATING TABLET) DOMPERIDON DENGAN SUPERDISINTEGRAN SODIUM STARCH GLYCOLATE DAN BAHAN PENGISI MANITOL ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!