mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong. Jamu gendong merupakan salah satu obat tradisional yang sangat diminati masyarakat karena harganya yang murah, mudah diperoleh dan pemanfaatannya cukup luas, dapat digunakan oleh berbagai kelompok usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan.

Dalam Skripsi Farmasi Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong ini dijelaskan bahwa jamu gendong adalah obat tradisional dalam bentuk cair yang tidak diawetkan dan diedarkan tanpa penandaan. Jamu gendong dibuat dalam skala industri rumah tangga yang menggunakan peralatan sederhana dan memanfaatkan tenaga manusia pada pegolahannya. Hal ini memungkinkan kurangnya kebersihan selama proses pembuatan sehingga diduga dapat menyebabkan tercemarnya jamu gendong yang diproduksi.

Tujuan penelitian Skripsi Farmasi Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong ini adalah untuk mengetahui cemaran bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang terdapat pada jamu gendong yang dijual oleh beberapa orang penjual jamu gendong di Kota Medan. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan cara melakukan pengambilan sampel jamu gendong, pengamatan organoleptis, homogenisasi sampel dan memeriksa cemaran bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus pada jamu gendong. Pemeriksaan bakteriologis meliputi uji dugaan keberadaan bakteri, uji penegasan, isolasi, uji mikroskopik, identifikasi dan konfirmasi bakteri.

Identifikasi dan konfirmasi meliputi uji indol, uji reaksi biokimia dan uji sitrat. Hasil pemeriksaan terhadap cemaran bakteri Escherichia coli pada uji dugaan menunjukkan bahwa pada kelima sampel semuanya mengandung gas. Hasil uji penegasan menunjukkan bahwa dari lima sampel, hanya tiga sampel yang mengandung gas.

Hasil isolasi menunjukkan bahwa pada ketiga sampel terlihat koloni berbentuk bulat tetapi hanya satu sampel yang koloninya berwarna merah bata. Hasil uji mikroskopik menunjukkan bahwa pada ketiga sampel terlihat bakteri berbentuk batang. Hasil identifikasi dan konfirmasi, pada uji indol menunjukkan bahwa pada ketiga sampel terbentuk cincin berwarna merah cherry pada permukaan media.

Hasil uji reaksi biokimia menunjukkan bahwa pada ketiga sampel warna media berubah menjadi kuning dan tidak terbentuk endapan tetapi hanya satu sampel yang membentuk gas. Hasil uji sitrat menunjukkan bahwa dari ketiga sampel hanya satu sampel yang tidak menunjukkan terjadinya perubahan warna media. Hasil pemeriksaan terhadap cemaran bakteri Staphylococcus aureus pada pengkayaan dan uji konfirmasi menunjukkan bahwa dari lima sampel, hanya satu sampel yang mengalami kekeruhan. Hasil uji mikroskopik menunjukkan bahwa tidak terlihat bakteri berbentuk buah anggur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu dari lima sampel yang diperiksa, tercemar oleh bakteri Escherichia coli tetapi tidak ada sampel yang tercemar oleh bakteri Staphylococcus aureus. Skripsi Farmasi Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!