mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Penggunaan Sari Lobak (Raphanus sativus L.) sebagai Pelembab dalam Sediaan Hand cream. Lobak (Raphanus sativus L.) adalah salah satu contoh bahan alam yang dapat digunakan sebagai bahan pelembab kulit. Lobak mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral.

Dalam Skripsi Farmasi Penggunaan Sari Lobak (Raphanus sativus L.) sebagai Pelembab dalam Sediaan Hand cream ini dijelaskan bahwa lobak kaya akan vitamin A, B1 dan C yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas. Selain vitamin, lobak juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, karbohidrat, protein dan lemak. Berdasarkan kandungannya, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan sari lobak sebagai pelembab dalam sediaan hand cream.

Sari Lobak diformulasikan dalam sediaan krim tipe m/a (minyak/air) sebagai pelembab. Konsentrasi sari lobak yang digunakan adalah 2,5%, 5%, 7,5%, 10%, kemudian dibandingkan dengan sediaan yang mengandung gliserin 2% dan blanko. Beberapa pengujian dilakukan terhadap sediaan krim pelembab antara lain: uji homogenitas, pengamatan stabilitas sediaan, penentuan pH, penentuan tipe emulsi, iritasi terhadap kulit, dan kemampuan sediaan untuk mengurangi penguapan air dari kulit dengan menggunakan 12 orang sukarelawan.

Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa sediaan krim pelembab yang dihasilkan adalah homogen. Hasil pengamatan stabilitas selama penyimpanan 1, 4, 8, dan 12 minggu pada temperatur kamar menunjukkan bahwa sediaan krim stabil tidak mengalami perubahan pada penyimpanan. Sediaan krim setelah penyimpanan 12 minggu pH 5,63-6,03. Merupakan tipe emulsi m/a, tidak mengiritasi dan tidak menyebabkan kulit kemerahan, gatal serta tidak menyebabkan kulit kasar. Hasil pengujian kemampuan pengurangan penguapan air dari kulit menunjukkan semakin tinggi konsentrasi sari lobak yang ditambahkan ke dalam sediaan krim akan semakin besar kemampuan sediaan krim tersebut untuk mengurangi penguapan air dari kulit, dibandingkan dengan sediaan gliserin 2% kemampuan sari lobak dengan konsentrasi 10% untuk mengurangi penguapan air dari kulit adalah hampir sama. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sari lobak dapat diformulasikan dalam sediaan hand cream dan mampu mengurangi penguapan air dari kulit. Skripsi Farmasi Penggunaan Sari Lobak (Raphanus sativus L.) sebagai Pelembab dalam Sediaan Hand cream.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!