mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Pengujian Stabilitas Natrium Diklofenak dalam Cangkang Kapsul Alginat. Natrium diklofenak, suatu Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS), memiliki efek samping dapat mengiritasi lambung dan penggunaan cangkang kapsul alginat dalam pembuatan suatu sediaan kapsul natrium diklofenak dapat mengurangi efek samping dari natrium diklofenak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyimpanan dan penambahan bahan pemburam, titanium dioksida, pada cangkang kapsul terhadap stabilitas natrium diklofenak dari cangkang kapsul alginat.

Dalam Skripsi Farmasi Pengujian Stabilitas Natrium Diklofenak dalam Cangkang Kapsul Alginat ini dijelaskan bahwa cangkang kapsul alginat dibuat dari natrium alginat 80-120cP dengan penambahan bahan pemburam titanium dioksida. Pengujiaan stabilitas fisik cangkang kapsul alginat meliputi pengamatan warna, uji waktu hancur, dan uji kerapuhan, sedangkan pengujian stabilitas fisik dan kimia cangkang kapsul alginat yang diisi natrium diklofenak meliputi pengamatan warna bahan obat, uji kerapuhan cangkang kapsul, penetapan kadar dan laju disolusi.

Pengamatan warna dilakukan secara visual, uji waktu hancur menggunakan disintegration tester, kerapuhan kapsul diuji dengan capsule shell impact tester, kadar diukur secara spektrofotometri dan disolusi dilakukan dengan alat disolusi metode dayung dalam medium pH berganti. Penyimpanan dilakukan pada suhu 30°C dengan RH 70% dan suhu 40°C dengan RH 75% selama 3 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terlihat adanya perubahan warna obat dan cangkang kapsul tidak menunjukan adanya kerapuhan setelah penyimpanan cangkang kapsul alginat yang berisi natrium diklofenak pada suhu 30°C dengan RH 70% selama 3 bulan demikian juga pada suhu 40°C dengan RH 75%. Kadar natrium diklofenak setelah penyimpanan selama 3 bulan pada suhu 30°C dengan RH 70% masih memenuhi persyaratan demikian pula pada penyimpanan suhu 40°C dengan RH 75% selama 3 bulan. Penyimpanan pada suhu 30°C dengan RH 70% dan suhu 40°C dengan RH 75% selama 3 bulan tidak berpengaruh terhadap laju disolusi. Penambahan pemburam titanium dioksida juga memperlambat laju disolusi dari natrium diklofenak dalam cangkang kapsul alginat. Skripsi Farmasi Pengujian Stabilitas Natrium Diklofenak dalam Cangkang Kapsul Alginat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!