mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Dan Ekstrak Etanol Dari Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) Terhadap Bakteri Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus Dan Pseudomonas aeruginosa. Bunga kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) adalah sejenis tumbuhan rempah dan termasuk familia Zingiberaceae.

Dalam Skripsi Farmasi Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Dan Ekstrak Etanol Dari Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) Terhadap Bakteri Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus Dan Pseudomonas aeruginosa ini dijelaskan bahwa bunga kecombrang perlu dikembangkan manfaatnya, misalnya obat untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit termasuk campak, batang semu dan pelepah daun dapat dimanfaatkan sebagai sabun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui golongan senyawa kimia dan mengetahui aktivitas antibakteri minyak atsiri serta ekstrak etanol bunga kecombrang. Isolasi minyak atsiri dilakukan dengan cara destilasi air.

Skrining fitokimia dilakukan terhadap serbuk simplisia dan ekstrak etanol bunga kecombrang, karakterisasi serbuk simplisia meliputi pemeriksaan makroskopik, mikroskopik, penetapan kadar air dan uji aktivitas antibakteri minyak atsiri dan ekstrak etanol bunga kecombrang terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa secara in vitro dengan metode difusi agar menggunakan pencadang logam.

Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol. Hasil skrining fitokimia bunga kecombrang menunjukkan adanya senyawa flavanoida, tannin, triterpenoid/steroid dan minyak atsiri. Hasil makroskopik yaitu bunga majemuk, bentuk bongkol, diselubungi daun brakteola berupa selaput tipis warna coklat keunguan, panjang 0,5 cm sampai 2,5 cm, daun mahkota bunga berlekatan di bagian pangkal, benang sari agak melengkung dengan kepala sari bentuk lonjong dan kepala putik bentuk segitiga, tebal.

Pemeriksaan mikroskopik penampang melintang bunga tampak epidermis daun mahkota bentuk bundar, parenkim bentuk bundar beberapa mengandung kristal kalsium oksalat, serbuk simplisia bunga kecombrang diperoleh adanya mahkota bunga dengan parenkim dan trakea bentuk spiral, fragmen trakea, kristal oksalat dan serabut skelrenkim. Penetapan kadar air 3,331%. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa minyak atsiri pada konsentrasi 12,5% memberikan daerah hambat yang efektif terhadap bakteri Staphyococcus epidermidis sebesar 17,2 mm, sementara terhadap Staphyococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa memberikan daerah hambat yang efektif pada konsentrasi 25% berturut-turut sebesar 15,5 mm dan 21,2 mm, untuk ekstrak etanol, memberikan daerah hambat yang efektif terhadap bakteri Staphyococcus aureus pada konsentrasi sebesar 70 mg/ml sebesar 14,0 mm, sementara terhadap Staphyococcus epidermidis dan Pseudomonas aeruginosa memberikan daerah hambat yang efektif pada konsentrasi 90 mg/ml berturut-turut sebesar 14,3 mm dan 14 mm. Skripsi Farmasi Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Dan Ekstrak Etanol Dari Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) Terhadap Bakteri Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus Dan Pseudomonas aeruginosa.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!