mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Farmasi Uji aktivitas antijamur ekstrak etanol Rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh Terhadap Jamur Candida albicans. Rumput laut sudah lama dikenal dan dimanfaatkan oleh manusia, yaitu sejak zaman kekaisaran Shen Nung di Cina sekitar tahun 2700 sebelum Masehi.

Dalam Skripsi Farmasi Uji aktivitas antijamur ekstrak etanol Rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh Terhadap Jamur Candida albicans ini dijelaskan bhwa salah satu jenis rumput laut yang banyak tumbuh diperairan Indonesia adalah Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh. Rumput laut memproduksi beberapa jenis senyawa sekunder seperti florotanin, steroid dan sterol. Sargassum merupakan sumber alginate yang digunakan sebagai bahan pembuatan cangkang kapsul, salep, emulsifier dan dapat juga digunakan sebagai bahan pembuat cat rambut dan krim, sedangkan oleh masyarakat setempat jenis ini lebih sering dikonsumsi sebagai sayuran.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antijamur ekstrak etanol rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh. Tahapan kerja meliputi penyiapan bahan, karakterisasi simplisia, skrining fitokimia, pembuatan ekstrak dan uji aktivitas antijamur terhadap Candida albicans dengan metode difusi agar menggunakan silinder logam.

Pembuatan ekstrak rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh secara maserasi dan soxhletasi dengan pelarut etanol 96% . Karakterisasi simplisia talus rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh yaitu pemeriksaan makroskopik berbentuk talus, berwarna coklat kehitaman, berbau khas,dan tidak berasa.

Pemeriksaan mikroskopik serbuk simplisia memperlihatkan adanya sel parenkim, sel parenkim berisi pigmen coklat, sel propagule bersel satu, sel propagule bersel dua dan sel propagule bersel tiga. Kadar air 7,96%, kadar sari larut dalam air 5,52%, kadar sari larut dalam etanol 4,77%, kadar abu total 8,59% dan kadar abu yang tidak larut dalam asam 0,35%. Hasil skrining fitokimia talus rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh menunjukkan adanya senyawa glikosida dan triterpenoid/steroid. Ekstrak etanol yang diperoleh dengan metode maserasi memiliki daya hambat yang lebih besar daripada ekstrak etanol yang diperoleh dari metode soxhletasi. Konsentrasi hambat minimum (KHM) ekstrak etanol terhadap Candida albicans yaitu 10 mg/ml. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan ekstrak etanol talus rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Skripsi Farmasi Uji aktivitas antijamur ekstrak etanol Rumput laut Sargassum ilicifolium (Turner) C. Agardh Terhadap Jamur Candida albicans.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Farmasi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!