mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Keperawatan Manajemen Nyeri Luka Pasca Seksio Sesarea yang Dilakukan Ibu di dua Rumah Sakit Umum Pemerintah Kota Medan. Seksio sesarea merupakan pembedahan obstetrik untuk melahirkan janin melalui insisi pada dinding abdomen dan dinding uterus. Seksio sesarea menyebabkan kerusakan jaringan dan menimbulkan nyeri. Nyeri pasca operasi harus dikontrol secara adekuat sebab nyeri dapat mengakibatkan ketidaknyaman dan menggangu sistem organ yang lain.

Dalam Skripsi Keperawatan Manajemen Nyeri Luka Pasca Seksio Sesarea yang Dilakukan Ibu di dua Rumah Sakit Umum Pemerintah Kota Medan ini dijelaskan bahwa manajemen nyeri merupakan tindakan untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri sampai tingkat yang dapat ditoleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen nyeri luka pasca seksio sesarea yang dilakukan ibu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah ibu pasca seksio sesarea di dua Rumah Sakit Umum Pemerintah di Kota Medan.

Pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik totally sampling sebanyak 31 responden. Instrumen penelitian merupakan kuesioner yang disusun sendiri dan menggunakan skala Guttman. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ibu melakukan manajemen nyeri untuk mengurangi nyeri. Manajemen nyeri yang paling banyak dilakukan ibu pasca seksio sesarea adalah relaksasi (82,8%) stimulasi kutaneus (66,1%), distraksi (44,5%), dan imajinasi terbimbing (34,4%). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen nyeri dan mencari faktor mana yang paling berpengaruh dengan manajemen nyeri. Skripsi Keperawatan Manajemen Nyeri Luka Pasca Seksio Sesarea yang Dilakukan Ibu di dua Rumah Sakit Umum Pemerintah Kota Medan.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Keperawatan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!