mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Mesin Meningkatkan Sifat Mekanis Tembaga Komersil Untuk Bahan Propeller Kapal Nelayan Dengan Metode Accumulative Roll-Bonding. Accumulative Roll-Bonding telah dilakukan pada lembaran tembaga komersil untuk meningkaatkan kekuatan mekanis propeller kapal.

Pada Skripsi Mesin Meningkatkan Sifat Mekanis Tembaga Komersil Untuk Bahan Propeller Kapal Nelayan Dengan Metode Accumulative Roll-Bonding ini dijelaskan bahwa Accumulative Roll-Bonding adalah sebuah proses dimana sebuah spesimen diberikan pemakanan berupa pengerolan. Tebalnya pemakanan pada proses pengerolan akan menentukan pengerasan terhadap sifat mekanis paduan Tembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki sifat tembaga dengan metode Accumulative Roll-Bonding. Waktu penahanan pada temperatur tertentu untuk perlakuan panas juga akan menentukan pengerasan presipitasinya dan sangat berpengaruh terhadap sifat mekanis paduan Tembaga.

Pada penelitian paduan Tembaga dilakukan perlakuan panas kemudian dengan Accumulative Roll-Bonding dengan lama waktu penahanan di dalam furnace selama 30 menit kemudian di lakukan pengerolan dimana tingkat pemakanan 30%, 50% dan 70%. Hasil pengujian tarik memperlihatkan hasil rata-rata tegangan batas pada deformasi 30% sebesar 255,28 MPa, deformasi 50% sebesar 287,11 MPa, dan deformasi 70% sebesar 334,14 MPa.

Sedangkan pengujian kekerasan memperlihatkan hasil BHN rata-rata deformasi 30% sebesar 50,36 BHN, deformasi 50% sebesar 54,08 BHN dan deformasi 70% sebesar 56,86 BHN. Selanjutnya analisa mikrostruktur dengan pembesaran 100x memiliki diameter deformasi 30% sebesar 142,85 deformasi 50% 141,53 dan deformasi 70% sebesar 140,21.

Berdasarkan percobaan yang dilanjutkan dengan pengujian, maka didapatkan sebuah fenomena dimana semakin besar tingkat pemakanan terjadi peningkatan kekuatan bahan tetapi diikuti oleh penurunan tingkat regangannya. Berbedanya ukuran pemakanan akan menghasilkan sifat mekanis yang berbeda. Skripsi Mesin Meningkatkan Sifat Mekanis Tembaga Komersil Untuk Bahan Propeller Kapal Nelayan Dengan Metode Accumulative Roll-Bonding.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Mesin

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!