mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Explanatory Style pada Individu dalam Menghadapi Penyakit Kanker. Penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker.

Pada umumnya, orang-orang percaya bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang hopeless, sehingga pada penderita kanker akan terlihat adanya simtom-simtom depresi di setiap tahap perkembangan penyakitnya. Akan tetapi, saat mengalami kejadian yang buruk, setiap individu akan membuat penjelasan yang berbeda-beda.

Cara yang biasanya digunakan oleh seseorang untuk menjelaskan setiap event yang terjadi inilah yang disebut dengan explanatory style. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran explanatory style yang ditunjukkan oleh penderita kanker. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Explanatory Style yang disusun berdasarkan tiga dimensi (permanence, pervasiveness, dan personalization) menurut Martin Seligman, Lyn Abramson, dan John Teasdale (1978). Jumlah responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 orang yang diperoleh dengan teknik incidental sampling.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker secara umum menunjukkan explanatory style yang pesimistik. Pada dimensi permanence, sebanyak 31 orang (50%) berada pada kategori tidak stabil. Pada dimensi pervasiveness, sebanyak 35 orang (56.45%) berada pada kategori global. Pada dimensi personalization, sebanyak 30 orang (48.39%) berada pada kategori internal. Responden dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan jenis penyakit kanker, stadium kanker, jangka waktu, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, penghasilan, status pernikahan, agama, dan suku/etnis.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!