mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Pada Pernikahan Beda Etnis (Batak Toba-Tamil), Pernikahan beda etnis menghadapi masalah yang hampir sama dengan pernikahan sama etnis, namun ada perbedaan pada beberapa area masalah. Menurut Markoff (1977), masalah-masalah tersebut meliputi komunikasi verbal dan non verbal, perbedaan konsep dari pernikahan, keputusan pasangan yang didasarkan pada kebutuhan dan tuntutan individual pasangan atau didasarkan pada tradisi dan persetujuan keluarga.

Dalam Skripsi Psikologi Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Pada Pernikahan Beda Etnis (Batak Toba-Tamil) ini dijelaskan bahwa permasalahan lainnya dalam hubungan pernikahan beda etnis adalah reaksi keluarga, teman-teman dan kelompok masyarakat. Salah satu cara dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan tersedianya dukungan sosial. Dukungan sosial terdiri dari kumpulan proses sosial, emosi, kognitif dan perilaku yang terjadi dalam hubungan personal dan jaringan sosial. Menurut Sarason (dalam Dalton, 2001), dukungan sosial dapat dipahami dalam dua bentuk yaitu dukungan umum (generalized support) dan dukungan khusus (specific support). Dukungan umum terjadi dalam hubungan interpersonal yang berlangsung terus menerus , baik ketika individu menghadapi stressor atau ketika individu sedang tidak mengalami masalah yang berarti. Dukungan umum terdiri dari dua jenis yaitu integrasi sosial (social integration) dan dukungan emosional (emotional support).

Dukungan spesifik adalah bentuk dukungan yang diberikan untuk membantu individu menghadapi stressor tertentu. Ada tiga jenis dukungan yang termasuk specific support antara lain dukungan instrumental, informasional dan penghargaan. Tujuan penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Pada Pernikahan Beda Etnis (Batak Toba-Tamil) ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial keluarga pada pasangan pernikahan beda etnis (Batak Toba-Tamil). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara.

Responden dalam penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Pada Pernikahan Beda Etnis (Batak Toba-Tamil) ini berjumlah empat orang (dua pasang suami istri). Adapun yang menjadi karakteristik dari penelitian ini adalah pasangan suami-istri beda etnis; suami beretnis Tamil dan istri beretnis Batak Toba serta usia pernikahan maksimal 20 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua pasangan sama-sama menerima dukungan sosial khusus (specific support) berupa dukungan instrumental, informasional dan penghargaan dari keluarga. Namun, kedua pasangan masih membutuhkan dukungan umum (generalized support) berupa dukungan emosional dan integrasi sosial. Hanya saja, pasangan pertama mengharapkan dukungan instrumental sedangkan pasangan kedua mengharapkan dukungan penghargaan. Namun, kedua pasangan masih mengharapkan dan membutuhkan dukungan sosial umum yaitu dukungan emosional dan integrasi sosial dari kedua pihak keluarga.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!