mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran Kecerdasan Adversitas Siswa Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 1 Sidikalang Kelas X. Munculnya Sekolah Bertaraf International (SBI) di Indonesia dianggap sebagai langkah maju tumbuhnya perkembangan pendidikan. Dalam hal standarisasi output, siswa SBI diharapkan memiliki education skill dan prestasi akademik yang lebih tinggi dibandingkan siswa lain.

Siswa SBI seharusnya memiliki kemampuan untuk dapat menghadapi tuntutan akademik yang tinggi. Kemampuan yang dimiliki oleh siswa ini dikenal dengan istilah kecerdasan adversitas. Kecerdasan adversitas adalah kemampuan yang dimiliki individu dalam mengatasi kesulitan, dengan karakteristik mampu mengontrol situasi sulit, menganggap sumber – sumber kesulitan berasal dari luar diri, memiliki tanggung jawab dalam situasi sulit, mampu membatasi pengaruh situasi sulit dalam aspek kehidupannya, dan memiliki daya tahan yang baik dalam menghadapi situasi atau keadaan yang sulit.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan adversitas siswa Sekolah bertaraf Internasional SMA Negeri 1 Sidikalang kelas X. Adapaun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 1 Sididkalang kelas X. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Adversitas yang dibuat oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek kecerdasan adversitas yang dikemukakan oleh Stoltz (2000) yaitu control, origin ownership, reach, dan endurance. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 24 aitem. Untuk mengukur reliabilitas alat ukur penelitian ini digunakan teknik koefisien alpha cronbach dengan daya beda aitem rix ≥ 0,250. Data yang diolah dalam penelitian ini yaitu skor minimum, skor maksimum, mean dan standar deviasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya kecerdasan adversitas siswa Sekolah bertaraf Internasional SMA Negeri 1 Sidikalang kelas X berada pada kategori tinggi dengan kategori sebagai berikut, siswa yang memiliki tingkat kecerdasan adversitas tinggi berjumlah orang 40 orang (54,8 %) dan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan adversitas sedang berjumlah orang 33 orang (45,2 %).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!