mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran Kedisiplinan Siswa SMAN 14 Medan yang Menggunakan Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar–mengajar yang melibatkan siswa dan guru. Dari program sekolah ini, siswa diharapkan dapat menjadi individu yang tidak hanya memiliki prestasi akademik yang baik tetapi juga berakhlak mulia, sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

Pada umumnya, sekolah lebih fokus pada masalah prestasi akademik siswa dibandingkan dengan masalah akhlak dan pengendalian diri siswa. Maka dari itu, perlu ditanamkannya kedisiplinan dalam diri siswa. Dalam hal ini kedisiplinan merupakan sikap atau perilaku yang menggambarkan kepatuhan kepada suatu aturan atau ketentuan. Dengan adanya kedisiplinan diharapkan anak didik mendisiplinkan diri dalam mentaati peraturan sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan.

Siswa perlu mengenal dirinya dengan sebaik-baiknya. Dengan mengenal diri sendiri, siswa akan dapat bertindak dengan tepat sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya. Namun demikian tidak semua siswa mampu mengenal segala kemampuan dirinya. Mereka ini memerlukan bantuan orang lain agar dapat mengenal diri sendiri, lengkap dengan segala kemampuan yang dimilikinya, dan bantuan ini dapat diberikan melalui layanan bimbingan konseling di sekolah.

Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran kedisiplinan siswa SMAN 14 Medan yang menggunakan BK. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 164 orang. Subjek diperoleh dari catatan guru BK. Alat ukur yang digunakan berupa skala kedisiplinan yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek disiplin yang dikemukakan oleh Prijodarminto (1994) yaitu pemahaman, sikap mental, dan perilaku. Skala yang dibuat dalam penelitian ini terdiri dari 38 aitem. Uji daya beda item dilakukan dengan menggunakan koefisien kolerasi Alpha dari Conbrach untuk mengetahui reabilitas alat ukur. Berdasarkan hasil estimasi daya beda aitem dan reabilitas terhadap daya uji coba maka diperoleh koefisien alpha keseluruhan aitem 0,923. Data yang diolah dalam penelitian ini yaitu skor minimum, skor maksimum, mean, dan standar deviasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa SMAN 14 Medan yang menggunakan layanan BK di sekolah yang tergolongkan rendah sebanyak 27 (16,46 %) orang, kedisiplinan siswa yang tergolong sedang 125 (76,5%) orang dan kedisiplinan siswa yang tergolong tinggi sebanyak 12 (7,3%) orang.

Maka berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa mayoritas kedisiplinan siswa SMAN 14 Medan yang menggunakan layanan BK di sekolah berada pada kategori sedang, artinya individu memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap manfaat dari suatu peraturan dan manfaat dari disiplin tetapi memiliki pemikiran yang menyatakan bahwa menjadi orang yang disiplin sangat sulit dan berat untuk dijalani, memiliki afek (perasaan) yang positif untuk menjadi seseorang yang disiplin dan ingin mewujudkannya namun dalam pelaksanaannya individu cenderung lebih menunjukkan sikap tidak disiplin, dan terkadang individu menunjukkan perilaku disiplin dalam aspek kehidupannya dan cenderung lebih kuat ketika lingkungan mendukung.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!