mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran kepribadian suku bangsa batak toba di Pematangsiantar Menggunakan Big Five Inventory. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mengetahui gambaran kepribadian suku bangsa batak toba di Pematangsiantar menggunakan Big Five Inventor. Kepribadian yang diungkap berupa trait adalah pola perilaku (pikiran, tindakan, dan perasaan) yang relatif menetap untuk semua situasi. Penggambaran kepribadian melalui teori trait secara lengkap diungkap dengan five basic trait (Ashton, dkk. dalam Lahey, 2005), yang dikenal dengan Big Five Personality traits.

Penggambaran ini diuraikan dalam lima dimensi Big Five Personality, yaitu neuroticism, extraversion, opennes to experience, agreeableness, dan concientiousness. Subjek penelitian berjumlah 129 orang suku bangsa Batak Toba di Pematangsiantar. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling secara proportional. Data yang diperoleh diolah dengan melihat nilai Z pada masing-masing dimensi.

Alat ukur yang digunakan adalah skala Big Five Inventory oleh John P. Oliver (Srivasta dan Oliver, 1999) yang diadaptasi dan dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan dimensi neuroticism adalah dimensi yang paling dominan pada suku bangsa Batak Toba secara keseluruhan, baik pria maupun wanita. Dua dimensi berikutnya setelah neuroticism, yang dominan pada suku bangsa Batak Toba adalah extraversion dan openness. Dua dimensi berikutnya yang kurang dominan pada suku bangsa Batak Toba adalah agreeableness dan consciousness. Hasil tambahan penelitian menunjukkan pada pria, tingkat dominansi masing-masing dimensi kepribadian Suku Bangsa Batak Toba dapat diurutkan dari yang paling dominan adalah neuroticism, openness, consciousness, extraversion, dan yang paling tidak dominan adalah agreeableness. Pada wanita, tingkat dominansi masing-masing dimensi kepribadian Suku Bangsa Batak Toba dapat diurutkan dari yang paling dominan adalah neuroticism, agreeableness, extraversion, openness, dan yang paling tidak dominan adalah consciousness. Pada dimensi openness, consciousness, extraversion, dan agreeableness, rata-rata subjek memiliki nilai yang tinggi dibanding rata-rata yang sudah ditetapkan. Pada dimensi neuroticism diperoleh rata-rata subjek memiliki nilai yang rendah pada dimensi neuroticism dibanding rata-rata yang sudah ditetapkan.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!