mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Pada Orang Dengan Perilaku Beresiko Tinggi Tertular HIV/AIDS Ditinjau Dari Health Belief Model. Orang-orang yang memiliki gaya hidup perilaku beresiko tinggi tertular HIV/AIDS baik melalui hubungan seks bebas, pengunaan narkoba suntik, terlahir dari ibu-ibu yang terinfeksi HIV/AIDS sangat dianjurkan untuk melakukan VCT. VCT adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan HIV/AIDS untuk tempat bertanya, belajar dan menerima status HIV seseorang (Pedoman Pelayanan VCT, 2006).

Dalam Skripsi Psikologi Gambaran Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Pada Orang Dengan Perilaku Beresiko Tinggi Tertular HIV/AIDS Ditinjau Dari Health Belief Model ini dijelaskan bahwa Health belief model adalah salah satu faktor yang menentukan mengapa individu mau dan tidak mau memanfaatkan layanan kesehatan ketika mengalami simptom penyakit tertentu (Sarafino, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pemanfaatan layanan VCT pada orang dengan perilaku beresiko tinggi tertular HIV/AIDS ditinjau dari helath belief model. Gambaran pemanfaatan layanan VCT ini dapat dilihat dari komponen-komponen health belief model yang dikemukakan oleh Becker dan Rosentock, yaitu perceived threat yang dilihat dari perceived seriousness of the health problem, perceived susceptibility of the health problem, cues to action dan perceived benefits and barriers.

Penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Pada Orang Dengan Perilaku Beresiko Tinggi Tertular HIV/AIDS Ditinjau Dari Health Belief Model ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan responden sebanyak tiga orang. Prosedur pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan theory-based/operational construct sampling. Penelitian dilakukan di kota Medan. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi perceived seriousness, perceived susceptibility dan cues to action maka akan mempengaruhi pemanfaatan layanan VCT pada ketiga responden. Hanya responden I dan III yang memanfaatkan layanan VCT, sementara responden II tidak memanfaatkan layanan VCT secara langsung. Perceived benefits and barriers juga mempengaruhi pemanfaatan layanan VCT. Meskipun responden II tidak memanfaatkan VCT secara langsung, tetapi dia merasakan manfaat sama seperti responden I dan III sehingga mereka mau memanfaatkan layanan VCT secara berkelanjutan.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!