mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran Penyesuaian Diri Pada Istri Yang Dipoligami. Meningkatnya kasus poligami yang terjadi di Indonesia semakin mencuat ketika salah seorang pemuka agama terkemuka melakukan poligami. Meski melakukannya berdasarkan pada faktor agama, poligami tetap menjadi pro dan kontra. Berbagai dampak negatif terjadi pada istri yang dipoligami, baik karena adanya kecemburuan, perlakuan tidak adil, pengabaian, stres psikologis, dan rasa tidak bahagia yang menjelma menjadi penyakit secara fisik dan mental.

Dampak-dampak tersebut menimbulkan tekanan yang membuat para istri membutuhkan penyesuaian diri dalam kehidupan poligaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penyesuaian diri istri yang dipoligami. Untuk menjawab masalah ini, digunakan teori penyesuaian diri dari Daradjat (1983) yang terdiri dari penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial (penyesuaian terhadap keluarga, istri muda, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan pekerjaan).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena dengan metode ini dapat dipahami gejala sebagaimana subjek mengalaminya, sehingga dapat diperoleh gambaran yang sesuai dengan diri subjek dan bukan semata-mata penarikan kesimpulan sebab akibat yang dipaksakan. Responden dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dengan karakteristik merupakan istri pertama dan beragama Islam.

Prosedur pengambilan data dilakukan berdasarkan konstruk operasional (operational construct sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan selama wawancara berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga responden, responden III lebih sulit melakukan penyesuaian diri daripada responden I dan II. Setelah suami menikah lagi, responden I dan responden III mengalami kesulitan untuk melakukan penyesuaian pribadi karena sejak menikah lagi waktu suami terbagi untuk istri muda. Bahkan pada responden III, suami semakin jarang pulang sejak menikah lagi.

Penyesuaian sosial pada responden I dan II tidak sesulit responden III, sejak suami menikah lagi dirinya langsung menutup diri dari lingkungan karena merasa rendah diri. Selain itu, keluarga pihak suami menyalahkan dirinya atas pernikahan suaminya. Responden I mendapat dukungan dari keluarga dan rekan kerjanya. Responden II mendapatkan dukungan baik dari pihak keluarga sendiri maupun dari keluarga pihak suaminya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!