mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Persepsi Mahasiswa tentang Kualitas E-Learning di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Perkembangan teknologi telah memungkinkan adanya sistem pembelajaran baru yaitu e-learning. Pada saat ini, pembelajaran menggunakan elearning mulai diujicobakan di Indonesia termasuk di Fakultas Psikologi USU. Setelah sebuah program diujicobakan, efektivitas dari program tersebut tentu akan dipertanyakan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur efektifitas program pembelajaran e-learning adalah dengan mengukur kualitas e-learning. Ehlers (2006) mengatakan bahwa pengukuran kualitas harus mempertimbangkan motivasi, kognisi dan situasi personal siswa.

Penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Persepsi Mahasiswa tentang Kualitas E-Learning di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran persepsi mahasiswa tentang kualitas e-learning di Fakultas Psikologi USU. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 102 orang. Alat ukur berupa skala persepsi tentang kualitas e-learning yang terdiri dari 75 aitem dan dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan dimensi dari kualitas e-learning yang dikemukakan oleh Ehlers (2006) meliputi dukungan tutor, kooperasi dan komunikasi, teknologi, biaya – ekspektansi – keuntungan, information transparency, struktur dari skenario belajar dan didactics. Uji daya diskriminasi aitem dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas alat ukur dilakukan dengan teknik koefisien Alpha Cronbrach dengan nilai sebesar 0.886.

Data yang diolah dalam dalam penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Persepsi Mahasiswa tentang Kualitas E-Learning di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara ini yaitu skor minimum, skor maksimum, mean, dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 25 orang mahasiswa mempunyai persepsi yang positif terhadap sistem pembelajaran e-learning di Fakultas Psikologi, sebanyak 23 orang mempunyai persepsi yang negatif dan sebanyak 54 orang berada dalam kategori tidak digolongkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa, secara umum mahasiswa mempunyai persepsi yang beragam tentang kualitas e-learning di Fakultas Psikologi USU.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!