mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Ibu Suku Batak pada Anak Laki-Laki dengan Gangguan Autisme. Keluarga adalah kelompok dari dua atau lebih individu yang dihubungkan oleh kelahiran, pernikahan, atau adopsi (Bureau, 2005). Dalam sebuah keluarga orang tua bertanggung jawab memberi pengasuhan kepada anak.

Dalam Skripsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Ibu Suku Batak pada Anak Laki-Laki dengan Gangguan Autisme ini dijelaskan pula bahwa berdasarkan hasil penelitian Diana Baumrind (dalam Sigelmen, 2002) didapati 3 jenis pola asuh yaitu, authoritarian, authoritative dan permissive. Kemudian Maccoby & Martin menambahkan satu jenis pola asuh lagi yakni, uninvolved/neglectful. Jenis pola asuh terbentuk dari dua dimensi yaitu, acceptance/responsiveness dan demandingness/control. Umumnya dalam sebuah keluarga, para ibulah yang lebih berkonsentrasi mengasuh anak (Coontz, 2005 dalam Zinn, Eitzen dan Wells, 2009). Kemudian, telaah lintas budaya mendapati adanya pengaruh budaya terhadap pola asuh (Dayakisni, 2004). Suku Batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Dalam budaya Batak didapati nilai hagabeon yang terkait dengan pengharapan orang tua yang besar pada anak, khususnya pada anak laki-laki. Anak pada kenyataannya tidak selalu terlahir dalam kondisi normal, beberapa anak lahir dengan gangguan Autisme. Kondisi Autistik anak akan berpengaruh pula pada pola pengasuhan.

Penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Ibu Suku Batak pada Anak Laki-Laki dengan Gangguan Autisme ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh ibu dengan latar belakang suku Batak, pada anak laki-lakinya yang mengalami gangguan Autisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah tiga orang ibu berlatar belakang suku Batak yang memiliki putra dengan gangguan Autisme. Prosedur pemilihan responden dilakukan berdasarkan konstruk operasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, disertai observasi yang dilakukan selama wawancara berlangsung untuk mendukung hasil wawancara.

Hasil penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Ibu Suku Batak pada Anak Laki-Laki dengan Gangguan Autisme ini menunjukkan adanya variasi pola pengasuhan ibu Batak kepada putra Autistiknya. Dua orang dari responden secara umum menggunakan pola pengasuhan permissive dengan dimensi acceptance/responsiveness yang tinggi dan dimensi demandingness/control yang rendah. Sedangkan satu orang responden memiliki pola asuh authoritative dengan kedua dimensi acceptance/responsiveness dan demandingness/control yang tinggi. Pemahaman nilai-nilai budaya sebagai wanita berlatar belakang suku Batak juga bervariasi. Hanya satu responden yang masih memahami nilai hagabeon, dua responden lain tidak memahaminya. Perubahan tersebut dipengaruhi pergeseran pola pikir yang lebih modern. Faktor-faktor pendidikan orang tua, kelas sosial ekonomi, konsep tentang peran orang tua, kepribadian orang tua, kepribadian anak dan usia anak juga memberi pengaruh pada pola asuh ibu Batak dengan anak laki-laki Autistik.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!