mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa dalam Hal Penyalahgunaan Zat. Siswa diharapkan dapat menjadi individu yang tidak hanya memiliki prestasi akademik yang baik tetapi juga berakhlak mulia, sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Pada umumnya, sekolah hanya lebih fokus pada masalah prestasi akademik siswa dibandingkan dengan masalah akhlak dan pengendalian diri siswa Hal ini menimbulkan ketidakseimbangan diantara prestasi akademik dan akhlak/ pengendalian diri.

Melatih siswa untuk mengikuti dan menuruti aturan di sekolah adalah salah satu cara untuk memecahkan masalah ketidakseimbangan ini. Maka dari itu, perlu ditanamkannya kedisiplinan dalam diri siswa Dalam hal ini kedisiplinan merupakan sikap atau perilaku yang menggambarkan kepatuhan kepada suatu aturan atau ketentuan. Dengan adanya kedisiplinan diharapkan anak didik dapat mentaati peraturan sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan.

Anak didik perlu dibimbing atau ditunjukkan mana perbuatan yang melanggar tata tertib dan mana perbuatan yang menunjang terlaksananya proses belajar mengajar dengan baik. Siswa akan dapat bertindak dengan tepat sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya dengan mengenal diri sendiri. Namun demikian tidak semua siswa mampu mengenal segala kemampuan dirinya. Mereka ini memerlukan bantuan orang lain agar dapat mengenal diri sendiri, lengkap dengan segala kemampuan yang dimilikinya, dan bantuan ini dapat diberikan melalui layanan Bimbingan Konseling (BK) di sekolah.

Penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa dalam Hal Penyalahgunaan Zat ini merupakan penelitian dekriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran kedisiplinan siswa SMAN 14 Medan yang menggunakan layanan BK di sekolah. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 164 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Medan yang pernah, walaupun hanya sekali, mempergunakan layanan bimbingan konseling yang ada di sekolah.

Alat ukur yang digunakan dalam  penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa dalam Hal Penyalahgunaan Zat ini berupa skala kedisiplinan yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek disiplin yang dikemukakan oleh Prijodarminto (1994) yaitu pemahaman, sikap mental, dan perilaku. Skala yang dibuat dalam penelitian ini terdiri dari 38 aitem. Uji validitas dengan analisis rasional atau lewat professional judgement dalam proses telaah soal skala.

Untuk mengukur reliabilitas alat ukur dalam penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa dalam Hal Penyalahgunaan Zat ini dengan menggunakan teknik koefisien alpha Cronbach dengan daya beda aitem rix ≥ 0,275. Data yang diolah dalam penelitian ini yaitu skor minimum, skor maksimum, mean, dan standar deviasi.

Hasil penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa dalam Hal Penyalahgunaan Zat ini menunjukkan bahwa pada umumnya kedisiplinan siswa SMAN 14 Medan yang menggunakan layanan BK di sekolah berada pada kategori tinggi (mean empirik 115,48 > mean hipotetik 95) dengan kategori sebagai berikut, siswa yang kedisiplinannya tergolong tinggi sebanyak 99 orang (60,36%), kedisiplinan siswa yang tergolong sedang 61 orang (37,2%), dan kedisiplinan siswa yang tergolong rendah sebanyak 4 orang (2,43 %).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!