mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran Sikap Orangtua Terhadap Pendidikan Homeschooling. Konsep belajar di rumah atau dikenal sebagai homeschooling menjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan dikarenakan sekolah formal dianggap kurang memberi perhatian besar kepada diri peserta didik, juga dianggap kurang efektif dan efisien dalam rangka menjawab pemenuhan kebutuhan kecerdasan siswa didik, yakni intelektual, emosional dan spiritual.

Di samping itu, di tengah keraguan terhadap mutu pendidikan nasional, model pendidikan homeschooling dirasa bisa menjadi model sekolah alternatif (Mahfud, 2007). Media massa, baik media cetak maupun elektronik cukup gempar memberitakan homeschooling sehingga memberi persepsi yang berbeda-beda bagi setiap orangtua. Menurut Azwar (2000), nilai (value) dan opini (opinion) atau pendapat sangat erat berkaitan dengan sikap. Munculnya homeschooling semakin marak dan diminati oleh masyarakat.

Sikap terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu: komponen kognitif yang merupakan persepsi, kepercayaan dan stereotipe yang dimiliki individu mengenai sesuatu, komponen afektif merupakan perasaan individu terhadap objek sikap dan menyangkut masalah emosi serta komponen konatif berisi tendensi atau kecenderungan untuk bertindak atau untuk bereaksi terhadap sesuatu dengan caracara tertentu (Mann dalam Azwar, 2000).

Tujuan penelitian adalah ingin melihat sikap orangtua terhadap pendidikan homeschooling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala sikap terhadap pendidikan homeschooling dibuat oleh peneliti dengan menggunakan aspek sikap yang dikemukan Azwar (2003) dan aspek program kegiatan belajar komunitas homeschooling menurut Satokhid (1986), Sumardiono (2007) dan Mulyadi (2007).

Skala sikap terhadap pendidikan homeschooling memiliki nilai reliabilitas (rix) = 0.96. Hasil penelitian menunjukkan sikap orangtua terhadap pendidikan homeschooling yang termasuk ke dalam kategori sikap positif sebesar 17 orang dengan persentase 28,33%. Sedangkan yang termasuk ke dalam kategori sikap negatif sebesar 22 orang dengan persentase 36,67%. Berdasarkan tingkat pendidikan sikap orangtua yang positif terhadap homeschooling berada pada tingkat S1 dengan nilai mean170,22 dan Berdasarkan tingkat penghasilan sikap orangtua yang positif terhadap homeschooling berada pada tingkat Rp. 2.000.001- Rp. 2.500.000,- dengan nilai mean 168,57.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!