mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Gambaran Student Centered Learning Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Menuju Proses Pembelajaran E-Learning. Metode pembelajaran dengan pendekatan student centered merupakan metode pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajarmengajar.

Metode pembelajaran dengan student centered menjadikan peserta didik aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, mampu untuk menemukan sumber-sumber informasi untuk dapat menjawab pertanyaannya dan memiiki kemampuan dalam membangun serta mempresentasikan pengetahuannya berdasarkan kebutuhannya berdasarkan dengan sumber-sumber belajar, dalam batas-batas tertentu peserta didik mampu untuk memilih sendiri apa yang akan dipelajarinya ( Raharjo & Pongtuluran dalam Pannen, 1999). Memasuki era informasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat.

Perkembangan ini dirasakan dalam dunia pendidikan, dimana metode pembelajaran semakin berkembang. Salah satunya adalah metode pembelajan elearning. Menurut Purbo (2002) metode pembelajaran e-learning merupakan bentuk teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran melalui internet.

Penggunaan metode e-learning memberikan fasilitas yang dapat diakses oleh mahasiswa secara pribadi seperti materi pembelajaran, interaksi dengan staff pengajar atau sesama mahasiswa serta dapat menggetahui informasi tentang nilai, jadwal, konsep pembelajaran dan juga bisa memperoleh layanan perpustakaan digital, dengan demikian metode pembelajaran dengan e-learning menuntut peserta didik untuk aktif dan belajar secara mandiri (Karsendalam Rosa, 2008). Keberhasilan dalam menerapkan metode pembelajaran e-learning, perlu diterapkannya pendekatan student centered learning dalam proses belajar mengajar saat ini.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambaran bagaimana student centered learning mahasiswa Universitas Sumatera Utara menuju proses pembelajan elearning. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 259 orang.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multi-stage random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala student centered learning yang dibuat berdasarkan karakteristik student centered learning yang dikemukakan oleh Karsen dalam Rosa (2008) dan telah diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 61 orang lebih siap untuk metode pembelajaran student centered, sebanyak 134 orang belum terlalu siap untukmetode pembelajaran student centered dan sebanyak 64 orang belum siap untuk metode student centered.

Bagi pihak yang berminat dengan penelitian sejenis atau untuk mengembangkan penelitian ini lebih jauh, hendaknya memperbanyak tinjauan kepustakaan tentang student centered learning dan e-learning, lebih memperhatikan dalam pembuatan skala, melakukan penelitian lanjutan dengan kualitatif atau korelasi. Bagi pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan, hendaknya dapat menghadirkan atau membuat kurikulum dengan metode pembelajaran student centered di pendidikan formal dan di perguruan tinggi/universitas.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!