mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Gambaran Subjective Well-Being pada Mahasiswa yang menjadi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gerejawi. Bernyanyi dalam paduan suara memberikan banyak manfaat seperti pada kesehatan, kesejahteraan well-being, dan memberikan kebahagiaan atau subjective well-being.

Dalam Skripsi Psikologi Gambaran Subjective Well-Being pada Mahasiswa yang menjadi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gerejawi ini dijelaskan bahwa terdapat dua jenis paduan suara mahasiswa yaitu paduan suara umum dan paduan suara gerejawi, di mana keduanya memiliki perbedaan dalam hal isi lagu yang dinyanyikan dan kegiatan yang dilakukan Penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Subjective Well-Being pada Mahasiswa yang menjadi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gerejawi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif berdasarkan teori subjective well-being yang dikemukakan oleh Diener yang terdiri atas dimensi kognitif yang terdiri dari kepuasan hidup (life satisfaction) dan kepuasan domain (domain satisfaction) dan dimensi afektif meliputi afek positif dan afek negatif.

Responden diambil berdasarkan konstruk operasional (theory based/operational construct sampling). Metode pengumpulan data adalah metode wawancara mendalam (in-depth interview), dengan tiga mahasiswa anggota paduan suara mahasiswa gerejawi. Hasil penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Subjective Well-Being pada Mahasiswa yang menjadi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gerejawi ini menunjukkan bahwa bernyanyi dalam PSMG memberikan banyak dampak positif bagi para anggotanya namun terdapat beberapa perbedaan pada tiap responden. Pada responden I, ia merasa PSMG dulunya merupakan tempat di mana ia mendapatkan dukungan sosial sehingga ketidakpuasan pada domain lainnya dapat tertutup dengan kepuasan dalam PSMG. Ketika para anggota lainnya tidak seperti yang diharapkan muncul rasa kecewa akibatnya ketidakpuasan dan afek negatif pada domain lainnya kembali muncul dan membuatnya menilai hidupnya tidak memuaskan dan banyak merasakan afek negatif. sehingga ia menilai hidupnya tidak memuaskan dan lebih banyak merasakan afek negatif. Pada responden II, PSMG merupakan tempat di mana ia dapat melayani Tuhan dan menjadi coping stress yang memberikan kelegaan dalam masalah yang dihadapi. Tercapainya tujuan dan banyaknya prestasi membanggakan yang diperoleh membuatnya menilai hidupnya memuaskan dan banyak merasakan afek positif. Pada responden III, PSMG merupakan tempat di mana ia mendapatkan perasaan dekat dengan Tuhan, kekuatan, dan dukungan sosial. Namun beratnya masalah yang dihadapi membuatnya fokus terhadap masalah dan menilai hidupnya tidak memuaskan dan lebih banyak merasakan afek negatif. Hal-hal yang berkaitan dengan dampak positif mengikuti PSMG pada penelitian Skripsi Psikologi Gambaran Subjective Well-Being pada Mahasiswa yang menjadi Anggota Paduan Suara Mahasiswa Gerejawi ini adalah kompetensi, komitmen reguler, dukungan sosial, rasa rileks, coping stress, dan spiritualitas. Namun spiritualitas kurang memberikan pengaruh jika anggota PSMG tidak menganggap aspek spiritualitas sebagai hal yang penting.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!