mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Antara Kecanduan MMORPG Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja Awal. Keterampilan sosial adalah perilaku spesifik, inisiatif, mengarahkan pada hasil sosial yang diharapkan sebagai bentuk perilaku seseorang (Merrel, 2008). Keterampilan sosial bukanlah kemampuan yang dibawa sejak individu lahir tetapi diperoleh melalui proses belajar, baik belajar dari orang tua sebagai figur paling dekat dengan anak maupun belajar dengan teman sebaya dan lingkungan masyarakat.

Bermain online games merupakan salah satu bentuk penggunaan waktu luang untuk memenuhi kebutuhan rekreasi tersebut. Salah satu bentuk game online yang banyak dimainkan di Indonesia adalah Massively Multiplayer Online Role Playing Game disingkat MMORPG yaitu sebuah permainan di mana para pemain memainkan peran tokohtokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama.

Para pemain games online mempunyai kecenderungan menghabiskan banyak waktu untuk bermain. dapat beresiko mengalami kecanduan, dimana bermain game menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Aktivitas bermain MMORPG yang berlebihan akan dapat menjauhkan individu dari kegiatan sosial yang akan mempengrauhi sosialisasi remaja.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan MMORPG dengan keterampilan sosial pada remaja awal. Metode pengambilan sampel adalah non purposive sampling dan jumlah sampel penelitian adalah 80 orang. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Kecanduan MMORPG yang disusun berdasarkan teori dari Caldarella & Merrell (1997) dan Skala Keterampilan Sosial yang disusun berdasarkan teori Griffiths (2005).

Nilai reliabilitas skala Kecanduan MMORPG sebesar 0,902 terdiri dari 45 aitem dan reliabilitas skala Keterampilan Sosial sebesar 0,900 terdiri dari 45 aitem. Universitas Sumatera Utara 4 Analisa penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan MMORPG dengan keterampilan sosial pada remaja awal. Koefisien korelasinya sebesar -0,389 dengan p=0,000 serta sumbangan sumbangan efektif kecanduan MMORPG terhadap keterampilan sosial pada remaja awal sebesar 15,13%.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!