mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Antara Konflik Peran Ganda Dengan Life Satisfaction Pada Wanita Bekerja. Selama dua dasawarsa terakhir telah terjadi peningkatan partisipasi wanita dalam aktivitas diluar rumah. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah wanita yang mempunyai peran ganda. Wanita yang bekerja diluar rumah juga diharapkan mempunyai tanggung jawab atas pekerjaan domestik.

Pekerjaan dan keluarga adalah dua hal penting dalam kehidupan wanita dan sering menimbulkan konflik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konflik peran ganda dengan life satisfaction pada wanita bekerja. Konflik peran ganda adalah situasi kesulitan dimana tuntutan atau harapan peran di pekerjaan dan dirumah muncul secara bersamaan dan saling bertentangan.

Life satisfaction adalah penilaian kognitif mengenai seberapa baik dan memuaskan hal yang sudah dilakukan individu dalam kehidupannya secara menyeluruh dan atas area utama yang mereka anggap penting dalam hidup yaitu kehidupan pekerjaan dan keluaga berdasarkan standar yang dibuat oleh individu itu sendiri. Wanita bekerja adalah wanita yang melakukan aktivitas fisik maupun mental dalam menghasilkan produk/jasa dan bertujuan untuk mempertahankan hidup, mendapatkan kepuasan/kesenangan dan meningkatkan taraf kehidupan.

Penelitian ini dilakukan pada 90 wanita bekerja di kota Medan yang berusia 25 – 40 tahun, sudah menikah dan memiliki anak serta bekerja selama 8 jam/hari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik incidental sampling. Alat ukur pada penelitian ini adalah skala konflik peran ganda (α=0,749) dan skala life satisfaction (α=0,815). Skala konflik peran ganda disusun berdasarkan dimensi konflik peran ganda menurut Greenhaus dan Beutell (1985). Skala life satisfaction dikembangkan berdasarkan aspek yang terkandung dalam satisfaction with life scale oleh Diener, Emmons, Larsen dan Griffin (1985) dalam dua area yaitu pekerjaan dan keluarga. Analisa data yang digunakan adalah korelasi Spearman rho.

Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai korelasi antara konflik peran ganda dengan life satisfaction adalah sebesar rxy = -0.065 dengan nilai p = 0.270 (tidak signifikan), yang artinya tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara konflik peran ganda dengan life satisfaction pada wanita bekerja. Tidak terbuktinya hipotesa penelitian kemungkinan disebabkan oleh terjadinya type II error dan social desireability yang tinggi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!