mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan antara Konsep Diri dan penyesuaian Diri dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Pendidikan merupakan wahana yang sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing dalam era globalisasi.

Pendidikan dapat diwujudkan melalui kegiatan pembelajaran yang hasilnya dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Dalam kenyataan dilapangan tidak semua peserta didik mampu meraih prestasi belajar yang tinggi, hal ini seringkali dikaitkan dengan kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan belajarnya (Hartono & Sunarto, 2006).

Sementara menurut Schneiders (dalam Ali & Asrori, 2004) salah satu faktor penting yang turut mendukung berhasil tidaknya seseorang dalam melakukan penyesuaian diri adalah konsep diri. Konsep diri yang dimiliki mahasiswa turut mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, dimana jika mahasiswa memandang positif terhadap kemampuan yang dimilikinya maka mereka akan memiliki keyakinan untuk meraih prestasi.

Sebaliknya jika mahasiswa memiliki pandangan yang negatif terhadap kemampuan yang dimilikinya maka mereka akan merasa tidak mampu untuk meraih prestasi (Gage & Berliner, 1984). Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan tujuan untuk melihat hubungan dan sumbangan efektif konsep diri dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa baru Psikologi tahun ajaran 2007. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah subyek penelitian adalah 63 orang. Analisa data mengunakan analisa regresi berganda. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Calhoun & Acocella (r = 0.88) dan skala penyesuaian diri yang juga disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Schneiders (r = 0.87).

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan penyesuaian diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.78 (r = 0.78). Sedangkan sumbangan efektif variabel konsep diri dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar adalah 61%. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil tambahan, yaitu : 1. Rata – rata konsep diri subyek penelitian berada pada kategori tinggi . 2. Rata – rata penyesuaian diri subyek penelitian berada pada kategori tinggi. 3. Rata – rata indeks prestasi belajar subyek penelitian berada pada kategori > 3.00.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!