mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Keharmonisan Keluarga dan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dan perilaku seksual pranikah pada remaja. Berdasarkan fenomena yang ada masalah seksualitas pada remaja cenderung meningkat dari tahun ke tahun yang menjadi pemikiran serius bagi orangtua, masyarakat, maupun pendidik bahkan remaja itu sendiri.

Secara konseptual keharmonisan keluarga adalah bilamana anggota keluarga merasa bahagia yang ditandai oleh berkurangnya ketegangan, kekecewaan, dan puas terhadap seluruh keadaan dan keberadaan dirinya (eksistensi, aktualisasi diri). Sedangkan perilaku seksual pranikah adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang dilakukan oleh dua orang, pria dan wanita diluar perkawinan yang sah.

Subjek penelitian ini berjumlah 106 orang remaja akhir di kota Medan yang berusia 17-18 tahun, pernah berpacaran, memiliki orangtua yang tidak bercerai, belum menikah, dan tinggal bersama orangtua. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan incidental sampling. Teknik pengolahan data menggunakan analisa regresi untuk melihat hubungan keharmonisan keluarga (independent variable) dan perilaku seksual pranikah (dependent variable) pada remaja.

Alat ukur yang digunakan adalah skala keharmonisan keluarga yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengkombinasikan aspek-aspek keharmonisan keluarga yang dikemukakan oleh Gunarsa (2000) dan Nick (2002). Dan skala perilaku seksual pranikah yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengkombinasikan bentuk-bentuk perilaku seksual yang dikemukakan oleh DeLamenter dan MacCorquodale (dalam Santrock, 2003), dan hasil penelitian BKKBN (2005).

Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang negatif dengan nilai korelasi (rxy) sebesar -0,522 dan nilai p = 0,000 dimana p < 0,05, yang artinya semakin harmonis hubungan suatu keluarga maka semakin rendah intensitas perilaku seksual pranikah yang dilakukan remaja. Sebaliknya semakin tidak harmonis hubungan suatu keluarga maka semakin tinggi intensitas perilaku seksual pranikah yang dilakukan remaja. Kontribusi keharmonisan keluarga terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja adalah sebesar 27%. Hal ini terlihat dari nilai Rsquare yang diperoleh dari hubungan antara keharmonisan keluarga dan perilaku seksual pranikah sebesar 0,27.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!