mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Religiusitas dengan Penyesuaian Perkawinan pada Dewasa Dini Muslim. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan penyesuaian perkawinan pada dewasa dini muslim.

Berdasarkan fenomena yang ada, bahwa angka perceraian yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Secara konseptual religiusitas adalah seberapa jauh pengetahuan, seberapa kokoh keyakinan, seberapa tekun pelaksanaan ibadah dan seberapa dalam penghayatan agama yang dianut seseorang sedangkan penyesuaian perkawinan adalah proses membiasakan diri pada kondisi baru dan berbeda sebagai hubungan suami istri dengan harapan bahwa mereka akan menerima tanggung jawab dan memainkan peran sebagai suami istri.

Subjek penelitian ini berjumlah 95 orang dewasa dini yang berusia 18-40 tahun, telah menikah selama minimal 4 bulan hingga maksimal 2 tahun, belum memiliki anak dan beragama Islam. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan analisa korelasi pearson product moment untuk melihat hubungan religiusitas (independent variable) dengan penyesuaian perkawinan (dependent variable) pada dewasa dini muslim.

Alat ukur yang digunakan adalah skala religiusitas yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan dimensi-dimensi religiusitas Islam yang dikemukakan oleh Suroso (2005) dan skala penyesuaian perkawinan yang disusun oleh peneliti berdasarkan kriteria keberhasilan penyesuaian perkawinan yang dikemukakan oleh Hurlock (1999).

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dengan nilai korelasi (rxy)sebesar 0,421 dengan p = 0,00 yang artinya semakin tinggi religiusitas maka semakin baik penyesuaian perkawinan pada dewasa dini muslim. Sebaliknya semakin rendah religiusitas maka semakin buruk penyesuaian perkawinan pada dewasa dini muslim. Kontribusi religiusitas terhadap penyesuaian perkawinan pada dewasa dini muslim adalah sebesar 18%. Hal ini terlihat dari nilai R-Square yang diperoleh dari hubungan religiusitas dengan penyesuaian perkawinan sebesar 0,18.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!