mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Sikap Siswa terhadap Program Diri dalam Kurikukulum Tingkat Satuan Pendidikan Dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMP Negeri I. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap siswa terhadap program pengembangan diri dalam KTSP dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP Negeri I Medan.

Motivasi berprestasi adalah motif yang mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan dalam bersaing di bidang akademis dengan suatu ukuran keunggulan (standard of excellence). Motivasi berprestasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah lingkungan tempat proses pembelajaran berlangsung.

Program pengembangan diri dalam KTSP sebagian bagian dari lingkungan tempat proses pembelajaran berlangsung merupakan kegiatan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Sikap siswa terhadap program pengembangan diri dalam KTSP adalah suatu bentuk evaluasi perasaan dan kecenderungan potensial untuk bereaksi yang merupakan hasil interaksi antara komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling bereaksi didalam memahami, merasakan dan berperilaku terhadap program pengembangan diri dalam KTSP. Sikap siswa terhadap program pengembangan diri yang bervariasi pada masing-masing siswa memunculkan respon yang berbeda pula. Penelitian ini melibatkan 106 orang siswa SMP Negeri I Medan sebagai subjek penelitian.

Adapun kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berstatus siswa SMP Negeri I Medan dan mengikuti minimal salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler dalam program pengembangan diri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability dengan metode stratified cluster random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji korelasi pearson product moment.

Alat ukur yang digunakan adalah skala sikap siswa terhadap program pengembangan diri dalam KTSP dan skala motivasi berprestasi yang dirancang sendiri oleh peneliti. Hasil analisa data menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa terhadap program pengembangan diri dalam KTSP dengan motivasi berprestasi diperoleh nilai korelasi r= 0.406 dengan nilai p= 0.000 Hasil penelitian dengan menggunakan korelasi pearson product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.406 hal ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa terhadap program pengembangan diri dalam KTSP dengan motivasi berprestasi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!