mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Karakteristik Psikometri Subtes Rechenaufgaben (RA) Pada Intelligenz Struktur Test (IST). Intelligenz Struktur Test (IST) merupakan salah satu tes inteligensi yang sering digunakan untuk seleksi karyawan dalam jumlah besar oleh P3M Fakultas Psikologi USU. IST yang digunakan adalah IST adaptasi UNPAD tahun 1970-an yang belum pernah dievaluasi secara psikometri oleh P3M Fakultas Psikologi USU.

Usia IST yang tidak mudah dan rendahnya pengawasan terhadap kerahasiaan tes mengakibatkan IST tidak reliabel dan valid lagi dalam mengukur kemampuan inteligensi individu. Padahal, seperangkat tes yang berkualitas baik secara psikometri merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi agar proses pengukuran serta penggunaan hasil pengukuran dapat dipercaya. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi terhadap IST, khususnya subtes RA.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah subtes RA masih mampu mengungkap fungsi ukurnya sesuai dengan tujuan subtes RA disusun melalui analisis karakteristik psikometri mencakup analisis indeks kesukaran aitem, indeks diskriminasi aitem, reliabilitas, serta validitas konstrak subtes RA tersebut.

Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan menggunakan data yang didokumentasikan oleh P3M Fakultas Psikologi USU. Data tersebut berupa respon subjek terhadap subtes RA pada lembar jawaban IST yang diperoleh dari 2011 subjek.

Hasil penelitian secara keseluruhan, dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik dan berdasarkan tujuan IST, khususnya subtes RA sebagai salah satu tes inteligensi ditemukan bahwa dari total 20 aitem pada subtes RA, 16 aitem yang dianggap baik berdasarkan indeks diskriminasinya. Berdasarkan koefisien reliabilitasnya dan nilai koefisien reliabilitas yang baik untuk tes inteligensi menurut Murphy & Davidshofer (2003) adalah ≥ 0,90, subtes RA dianggap kurang reliabel dalam mengukur fungsi ukurnya karena hanya memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,851. Selain itu, berdasarkan analisis validitas konstraknya, subtes RA tidak lagi berfungsi sebagaimana tujuan awal subtes ini di susun. Pada akhirnya penelitian ini menggambarkan bahwa perlunya peninjauan ulang terhadap aitem-aitem subtes RA sebelum digunakan sebagai tes inteligensi, khususnya pada individu dengan latar belakang pendidikan SMA, D3, dan S1.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!