mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Kesepian Korban Tsunami yang Telah Menikah di Barak Pengungsi. Tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi kedua terbesar mengguncang dasar laut yang berjarak sekitar 150 km dari pantai Sumatra. Hanya dalam bilangan menit, pasukan gelombang maha dahsyat mulai memporakporandakan kehidupan masyarakat pantai di Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, dan Myanmar.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (Aceh) yang terkena paling parah (CARE, 2006). Kini dua tahun lebih tsunami berlalu, namun sedikitnya 49 ribu jiwa masih hidup dalam kekurangan di barak-barak (Miksalmina, dkk., 2007). Gallozi (2007) menyebutkan bahwa barak pengungsi dapat memicu timbulnya perasaan kesepian. Brehm, dkk. (2002) menyatakan bahwa kesepian merupakan perasaan kehilangan dan ketidakpuasan yang dihasilkan karena adanya kesenjangan diantara hubungan sosial yang diinginkan dengan hubungan sosial yang dimiliki.

Penelitian menggunakan metode kualitatif karena dipandang lebih sesuai untuk memahami manusia dengan segala kompleksitasnya sebagai mahluk subjektif. Penelitian menggunakan 4 orang responden korban tsunami yang telah menikah dan tinggal di barak pengungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua orang responden mengalami kesepian emosional, tiga orang responden mengalami kesepian sosial, tiga orang responden mengalami kesepian transisi, dan seorang responden mengalami kesepian kronis.

Secara umum kesepian selain diakibatkan karena kehilangan pasangan atau orang yang dicintai, juga disebabkan karena pengalaman yang tidak menyenangkan yang terjadi ketika hubungan sosial seseorang secara nyata mengalami kekurangan baik kualitas maupun kuantitasnya. Dari penelitian ini, peneliti menganggap perlu dilakukan penelitian apakah dengan selesainya pembangunan rumah bantuan dan segera ditempati akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kesepian sosial yang dirasakan korban tsunami yang berada di barak pengungsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!