mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Kesepian pada Dewasa Madya yang Hidup Melajang. Kesepian merupakan perasaan kehilangan dan ketidakpuasan yang dihasilkan oleh ketidaksesuaian antara jenis hubungan sosial yang diinginkan dan jenis hubungan sosial yang dimiliki (Perlman & Peplau, 1981).

Tujuan penelitian Skripsi Psikologi Kesepian pada Dewasa Madya yang Hidup Melajang ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinamika kesepian yang dirasakan oleh individu yang berada pada usia dewasa madya dan berstatus lajang serta mendapat gambaran tentang kesepian yang mereka rasakan yakni penyebab, perasaan dan faktor yang mempengaruhi kesepian itu sendiri serta reaksi mereka terhadap kesepian.

Teknik pengambilan responden pada penelitian Skripsi Psikologi Kesepian pada Dewasa Madya yang Hidup Melajang ini berdasarkan teori atau berdasarkan konstruk operasional (theory-based/operational construct sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara secara mendalam (in-depth interview). Responden penelitian adalah wanita dewasa madya yang belum menikah sebanyak tiga orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga responden merasakan bentuk kesepian berdasarkan tidak tersedianya kondisi sosial yang berbeda-beda yaitu isolasi emosional dan durasi kesepian yaitu transcient loneliness, transtitional loneliness didapat pada responden III. Bentuk kesepian yang dirasakan ketiganya berdasarkan sifat kemenetapannya adalah state loneliness.

Penyebab kesepian yang dirasakan pada responden I adalah tidak memiliki pasangan, tinggal sendiri, perubahan situasi, dan eksternal stabil. Pada responden II adalah perubahan situasi, eksternal-stabil, dan eksternal-tidak stabil. Pada responden III adalah tidak memiliki pasangan, ditinggalkan oleh orang yang dicintai, tinggal sendiri, dan tidak bisa kemana-mana, perubahan suasana hati, internal-tidak stabil dan eksternal-stabil. Skripsi Psikologi Kesepian pada Dewasa Madya yang Hidup Melajang.

Perasaan kesepian yang dirasakan pada responden I adalah putus asa, takut, merasa ditinggalkan, mendapat kecaman, bosan, ingin berada di tempat lain, kesulitan, marah, merasa tidak aman dan nyaman, sedih, menyesali diri, dan berharap memiliki seseorang yang spesial. Pada responden II ditemukan perasaan takut, mendapat kecaman, bosan, ingin berada di tempat lain, marah, merasa tidak aman dan nyaman, sedih, menyesali diri, mengasingkan diri, dan berharap memiliki seseorang yang spesial. Perasaan yang ditemukan pada responden III adalah tidak berdaya, takut, merasa ditinggalkan, mendapat kecaman, tidak sabar, bosan, ingin berada di tempat lain, marah, merasa tidak aman, sedih, hampa dan berharap memiliki seseorang yang spesial. Faktor yang mempengaruhi ketiganya adalah usia dan status perkawinan.Reaksi kesepian yang dilakukan ketiga responden adalah melakukan kegiatan aktif, pasif, membuat kontak sosial dan melakukan kegiatan selingan.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!