mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Lanjut Usia. Masa lanjut usia ditandai dengan terjadinya berbagai perubahan, baik perubahan fisik, psikologis maupun sosial, dan untuk itu dibutuhkan penyesuaian diri, yaitu suatu proses yang mencakup suatu respon-respon mental dan perilaku yang diperjuangkan individu agar dapat berhasil menghadapi kebutuhankebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik, serta untuk menghasilkan kualitas keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan tuntutan dari dunia luar atau lingkungan tempat individu berada.

Penyesuaian diri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh lanjut usia, untuk itu dibutuhkan dukungan sosial dari orang lain. Dukungan sosial adalah mengacu pada kenyamanan, perhatian, penghargaan atau bantuan yang diberikan orang lain atau kelompok kepada individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, yaitu untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri lanjut usia.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling dengan jumlah subjek 62 orang lanjut usia yang berusia 60 – 70 tahun. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dua buah skala, yaitu skala dukungan sosial yang disusun berdasarkan bentuk-bentuk dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino dan skala penyesuaian diri yang disusun berdasarkan bentuk-bentuk penyesuaian diri yang dikemukakan oleh Schneider.

Hasil pengujian hipotesa menunjukkan ada pengaruh dukungan sosial yang signifikan terhadap penyesuaian diri lanjut usia, dengan nilai β = 0,777 dan signifikansi p = 0. Sumbangan efektif variabel dukungan sosial terhadap penyesuaian diri lanjut usia adalah 60,3 %.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!