mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Pengaruh Manajemen Kelas (Classroom Management) Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Motivasi berprestasi siswa merupakan salah satu prasyarat yang amat penting dalam belajar. Salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya motivasi berprestasi adalah lingkungan tempat proses pembelajaran berlangsung. Kelas sebagai lingkungan tempat proses pembelajaran, perlu dikelola dengan efektif dalam rangka menciptakan lingkungan kelas yang kondusif.

Hal ini merupakan tanggung jawab guru sebagai pihak pendidik untuk memiliki kemampuan manajemen kelas. Manajemen kelas pada penelitian ini adalah usaha sadar guru untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis yang mengarah kepada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi dan kondisi proses belajar mengajar dan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah manajemen kelas mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Hipotesis penelitian ini adalah manajemen kelas mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD yang berasal dari tiga kelas di SD Swasta Pertiwi. Jumlah subjek penelitian adalah 65 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi yang diberikan kepada siswa dan Kuesioner Manajemen Kelas yang diberikan kepada guru.

Selain kuesioner, peneliti juga melakukan observasi manajemen kelas guru yang dilakukan sebanyak tiga kali kepada setiap guru. Guru yang diobservasi dan diberikan kuesioner merupakan guru (wali kelas) dari kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil utama penelitian dengan menggunakan analisis regresi adalah ada hubungan positif yang signifikan antara manajemen kelas dengan motivasi berprestasi siswa dengan r = 0,341 dengan taraf signifikansi p = 0,003 (p < 0,05). Hipotesis penelitian diterima, bahwa manajemen kelas mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Sumbangan efektif yang diberikan manajemen kelas terhadap motivasi berprestasi pada siswa sebesar 11,6%, yang berarti bahwa manajemen kelas mempengaruhi motivasi berprestasi sebesar 11,6%.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!