mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Pengaruh Mentoring Agama Islam Terhadap Perubahan Konsep Diri Mahasiswa Muslim Universitas Sumatera Utara. Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan memiliki konsep diri yang positif. Konsep diri yang positif pada mahasiswa dapat dibentuk dengan meningkatkan religiusitas melalui peran teman sebaya (significant other).

Salah satu program yang dapat dilakukan adalah melalui mentoring agama Islam. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, dimana persepsi ini dibentuk melalui pengalaman dan interprestasi seseorang terhadap dirinya (Shavelson, Hubner, & Stanton, 1976). Mentoring agama Islam adalah salah satu metode pendidikan Islam yang dilaksanakan secara rutin tiap minggu dalam sebuah kurikulum tertentu (Satria, 2010). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mentoring agama Islam terhadap perubahan konsep diri mahasiswa.

Penelitian Skripsi Psikologi Pengaruh Mentoring Agama Islam Terhadap Perubahan Konsep Diri Mahasiswa Muslim Universitas Sumatera Utara ini melibatkan 367 mahasiswa muslim yang diambil datanya sebanyak dua kali, yaitu pretes dan postes. Pretes diberi sebelum subjek mengikuti mentoring agama Islam dan postest diberikan setelah subjek mengikuti mentoring agama Islam. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah incidental sampling. Data yang diperoleh di analisa dengan uji t paired-sample t-tes. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri yang diadopsi dari Marsh (1992). Skala ini mengukur 7 jenis konsep diri, yakni : konsep diri akademis, problem-solving, spiritual, kejujuran, parent-relation, emosional, dan konsep diri umum.

Hasil analisa data Skripsi Psikologi Pengaruh Mentoring Agama Islam Terhadap Perubahan Konsep Diri Mahasiswa Muslim Universitas Sumatera Utara ini menunjukkan terdapat pengaruh dari pelaksanaan mentoring agama Islam terhadap perubahan konsep diri akademis (r = 0.23), spiritual (r = 0.47), kejujuran (0.19), parent-relation (r = 0.15), dan konsep diri umum (r = 0.61) pada mahasiswa. Saran bagi peneliti selanjutnya yang meneliti mentoring agama islam sebaiknya menggunakan desain eksperimen dengan kontrol yang lebih ketat sehingga didapatkan validitas internal yang lebih baik.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!