mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Pengaruh Religiusitas terhadap penalaran Moral Remaja yang Beragama Islam. Penalaran moral merupakan konsep dasar yang dimiliki individu untuk menganalisa masalah sosial-moral dan menilai terlebih dahulu tindakan apa yang akan dilakukannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penalaran moral remaja adalah kontrol diri. Interaksi antara ayah dan remaja dapat membentuk persepsi tersendiri oleh remaja terhadap peran ayah.

Persepsi terhadap peran ayah merupakan proses yang dialami seorang remaja yang mencakup menerima, memilih, menyadari, dan memaknai stimulus yang berasal dari fungsi seorang ayah sebagai orang tua laki-laki yang berperan sebagai pemberi nafkah, sebagai teman, sebagai pengawas dan pendisiplin, pemberi perlindungan, penasehat, pendidik dan sebagai teladan, pemberi perhatian, serta sebagai pembimbing dalam sebuah keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh religiusitas terhadap penalarn moral remaja yang beragam Islam.

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak klaster (cluster random sampling) dengan jumlah subjek usia 15-18 tahun sebanyak 219 pada awalnya dan setelah cek konsistensi, hanya 126 orang yang datany dapat dipakai. Alat ukur pada penelitian ini adalah skala skala religiusitas dan DIT (Defining Issues Test) bentuk singkat. Skala religiusitas disusun berdasarkan dimensi yang dikemukakan oleh Glock dan Stark (dalam Ancok & Suroso, 1994).

DIT (Defining Issues Test) bentuk singkat merupakan alat ukur yang dibuat oleh Rest berdasarkan kombinasi orientasi teoritik umum Kohlberg dengan prosedur konstruksi tes secara psikometri (Rest, 1979). Hasil analisa data penelitian menggunakan teknik regresi nonlinier model parabola kuadratik. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.093, nilai F sebesar 0.532 dan nilai p = 0.558, sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh religiusitas terhadap penalaran moral.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!