mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) adalah sekolah yang sudah memenuhi seluruh Standart Nasional Pendidikan (SNP) yang diperkaya dengan standart pendidikan negara maju yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing baik ditingkat nasional maupun internasional (Kemdikbud, 2009).

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini memberikan tuntutan tugas yang berat bagi siswanya, hal tersebut dapat menimbulkan stres akademik pada siswa apabila siswa tidak mampu memenuhi tuntutan yang diberikan padanya. Olejnik dan Holschuh (2007) menggambarkan stres akademik ialah respon yang muncul karena terlalu banyaknya tuntutan dan tugas yang harus dikerjakan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah self-efficacy. Self-efficacy merupakan keyakinan bahwa seseorang dapat menguasai situasi dan memproduksi hasil yang positif (Bandura, 1997).

Siswa yang memiliki self-efficacy mengenai kemampuannya untuk mengontrol perilakunya sangat berpengaruh pada respon individu terhadap kejadian-kejadian yang menyebabkan stres (Odgen, 2000). Dalam hal ini siswa yang memiliki self-efficacy dalam dirinya maka mereka akan mampu mengontrol stres akademik yang dialaminya. Penelitian Skripsi Psikologi Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik pada siswa kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMPN 1 Medan.

Jumlah subjek dalam penelitian Skripsi Psikologi Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan ini adalah 116 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-efficacy dengan reliabilitas 0,947 yang terdiri dari 43 aitem dan skala stres akademik dengan reliabilitas 0,915 yang terdiri dari 39 aitem.

Hasil uji hipotesis dengan analisis regresi diperoleh nilai F= 340.157 dengan p = 0,000 dan p<0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik pada siswa kelas 1 RSBI di SMPN I Medan. Selanjutnya, nilai koefisien determinan (r2) sebesar 0.749. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif self-efficacy sebesar 74.9% terhadap stres akademik dan selebihnya yaitu 25.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian Skripsi Psikologi Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!