mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Intimacy dalam Berpacaran Ditinjau dari Status Identitas pada Mahasiswa. Memasuki periode dewasa awal, individu memiliki tugas perkembangan yang berbeda dengan periode sebelumnya. Salah satu tugas perkembangan pada masa ini adalah membangun hubungan dengan lawan jenis dan kemudian menikah.

Salah satu kelompok individu yang berada pada masa ini yaitu mahasiswa. Keintiman (intimacy) dengan lawan jenis tidak terbentuk begitu saja. Keintiman dipengaruhi oleh berhasil tidaknya sesorang dalam mencapai status identitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keintiman dalam berpacaran ditinjau dari status identitas pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Sampel yang memenuhi kategori penelitian sebanyak 86 orang.

Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel tergantung yaitu keintiman dan variabel bebas yaitu status identitas. Keintiman diukur melalui skala yang disusun oleh penulis berdasarkan kategori intimacy menurut Olforsky (1993). Status identitas juga diukur melalui skala yang disusun oleh peneliti berdasarkan krisis dan komitmen yang terjadi pada area berpacaran sesuai dengan teori Marcia (1993).

Koefisisen reliabilitas Skala keintiman yang digunakan dalam penelitian sebesar rxx’ = 0.911, sedangkan koefisisen reliabilitas skala status identitas yang juga digunakan dalam penelitian, kriteria krisis sebesar rxx’ =0.781 dan komitmen sebesar rxx’ =0.889. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan keintiman dalam berpacaran ditinjau dari status identitas pada mahasiswa (ρ = 0,0001). Status identitas memberikan pengaruh sebesar 27% terhadap keintiman.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!