mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Psikologi Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) pada Lansia Ditinjau dari Jenis Pekerjaan. Meningkatnya jumlah populasi lanjut usia (lansia) di dunia tidak membuat kelompok usia tersebut diperlakukan dengan baik. Salah satu faktor yang mendasari hal tersebut adalah masih banyaknya prasangka negatif yang dimiliki masyarakat terhadap kaum lansia. Namun, usia lanjut juga identik dengan kebijaksanaan.

Baltes mendefinisikan kebijaksanaan sebagai keahlian dalam perilaku hidup yang mendasar dan merumuskan lima kriteria untuk mengidentifikasi kebijaksanaan dalam diri individu, yaitu memiliki banyak pengetahuan faktual dan prosedural dalam hidup, memahami kontekstualisme rentang kehidupan manusia, memiliki relativisme/toleransi terhadap nilai, serta kesadaran/pengelolaan terhadap ketidakpastian. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan kebijaksanaan. Beberapa di antaranya adalah pengalaman hidup dan pelatihan profesi. Jenis pekerjaan adalah kelompok pekerjaan yang memiliki karakteristik yang sama dalam kerja, keterampilan, dan pendidikan atau pelatihan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dalam penelitian ini, jenis pekerjaan dibatasi pada pekerjaan yang melayani manusia (human services) dan pekerjaan yang tidak melayani manusia (nonhuman services).

Penelitian Skripsi Psikologi Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) pada Lansia Ditinjau dari Jenis Pekerjaan ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kebijaksanaan pada lansia yang bekerja di bidang yang melayani manusia (human services) dan bidang yang tidak melayani manusia (nonhuman services). Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang lansia yang terdiri dari 47 orang pria dan 47 orang wanita, 55 orang lansia yang bekerja di bidang yang melayani manusia dan 39 orang lansia yang bekerja di bidang yang tidak melayani manusia.

Rentang usia sampel penelitian Skripsi Psikologi Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) pada Lansia Ditinjau dari Jenis Pekerjaan ini adalah usia 60 sampai dengan usia 75 tahun. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kebijaksanaan dan dianalisis dengan metode analisis statistik, uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kebijaksanaan pada lansia ditinjau dari jenis pekerjaan (t = 5,519; p = 0,000). Lansia yang bekerja di bidang yang melayani manusia (M = 59,40; SD = 4,470) lebih bijaksana daripada lansia yang bekerja di bidang yang tidak melayani manusia (M = 54,46; SD = 3,979). Penelitian ini juga menemukan bahwa kelompok wanita (M = 57,66) sedikit lebih bijaksana daripada kelompok pria (M = 57,04).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!