mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Kecerdasan Emosional Ditinjau Dari Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Diikuti Siswa Di SMA Swasta Yapena. Setiap jenis kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan hasil yang berbeda pada kecerdasan emosionalnya yang terlihat dari perilaku siswa-siswanya. Dalam kaitan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada diri siswa, penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih mendalam mengenai perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA Swasta YAPENA.

Menurut Goleman (2002) kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan intellegensi (to manage our emotional life with intellegence), menjaga keselarasan emosi dan mengungkapkannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Yapena yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu sebanyak 163 siswa.

Alat ukur penelitian ini dengan menggunakan skala kecerdasan emosional. Validitas alat ukur menggunakan validitas muka dan validitas isi. Reliabilitas menggunakan koefisien alpha cronbach dengan nilai sebesar 0,925. Data diolah dengan menggunakan perhitungan one way Anova yang menunjukkan nilai signifikansi (p=0,00) yang lebih kecikl dare 0,05, maka hipotesis diterima bahwa terdapat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA Swasta YAPENA.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!