mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Kepuasan Kerja Ditinjau Dari Persepsi Karyawan Terhadap Gaya Kepemimpinan Atasan di Detasemen Markas Kodam Jaya.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja ditinjau dari persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan atasan di Detasemen Markas Kodam Jaya. Kepuasan Kerja merupakan sekumpulan emosi, baik senang maupun tidak senang individu terhadap pekerjaannya.

Kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pengawasan dari atasan. Karyawan yang merasa senang bekerja dengan atasannya atau pengawasnya akan merasa lebih puas dengan pekerjaannya. Seorang atasan atau pemimpin harus dapat memahami beberapa hal mengenai dirinya agar dapat menentukan gaya kepemimpinan yang akan digunakan. Gaya kepemimpinan yang dimaksud disini adalah gaya kepemimpinan model dua faktor yaitu Struktur Inisiasi dan Konsiderasi.

Penelitian ini melibatkan 162 karyawan atau anggota Detasemen Markas Kodam (DenMaDam) Jaya sebagai subjek penelitian. Adapun kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bekerja di DenMaDam Jaya, berusia 20 – 50 tahun dan karyawan telah bekerja bersama atasannya minimal 3 bulan.

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability dengan metode incidental sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji one way anova. Alat ukur yang digunakan adalah skala gaya kepemimpinan yang diterjemahkan dari skala LBDQ XII kemudian ditambahkan aitemnya oleh peneliti dan skala kepuasan kerja yang disusun sendiri oleh peneliti.

Hasil analisa data menunjukkan terdapat perbedaan kepuasan kerja ditinjau dari persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan atasan dengan signifikansi atau p = 0.000. Bawahan yang mempersepsikan atasannya memiliki struktur inisiasi dan konsiderasi yang tinggi memiliki mean skor yang paling tinggi (x=88.633), sedangkan karyawan yang mempersepsikan atasannya rendah pada struktur inisiasi dan konsiderasi memiliki mean skor yang paling rendah (x=59.785).

Implikasi dari hasil penelitian ini berguna bagi pihak instansi atau perusahaan dan pemimpin, yakni instansi atau perusahaan dapat memberikan pelatihan atau mengarahkan pemimpin-pemimpinnya untuk menggunakan gaya kepemimpinan yang dianggap ideal sehingga kepuasan kerja karyawan dapat meningkat. Sedangkan bagi pemimpin dapat berusaha menyeimbangkan kedua dimensi gaya kepemimpinan agar dapat meningkatkan kepuasan kerja.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!