mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Kepuasan Pernikahan pada Wanita Ditinjau dari Tahap-Tahap Pernikahan. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan pernikahan pada wanita ditinjau dari tahap-tahap pernikahan. Kepuasan pernikahan adalah evaluasi mengenai kehidupan pernikahan yang diukur dengan melihat area-area dalam pernikahan meliputi komunikasi, kegiatan di waktu luang, orientasi keagamaan, penyelesaian konflik, pengelolaan keuangan, hubungan seksual, keluarga dan teman, anak dan pengasuhan anak, kepribadian, dan kesetaraan peran.

Penelitian ini melibatkan 90 orang wanita menikahn yang terdiri dari 25 orang wanita menikah yang berada pada tahap pasangan awal, 40 orang wanita menikah yang berada pada tahap membesarkan anak, dan 25 orang wanita menikah yang berada pada tahap kekosongan sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan bersifat nonprobability sampling dengan cara Incidental.

Alat ukur yang digunakan berupa skala kepuasan pernikahan (dengan reliabilitas 0.9727) yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Olson dan Fowers (dalam Saragih 2003). Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh nilai probabilitas 0.681 (p>0.1). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan pernikahan pada wanita ditinjau dari tahap-tahap pernikahan dimana sumbangan efektif tahap-tahap pernikahan terhadap kepuasan pernikahan sebesar 0.9%.

Berdasarkan analisis tambahan diperoleh hasil bahwa diantara tiga faktor yang mempengaruhi kepuasan pernikahan yaitu usia ketika menikah, pendidikan terakhir, dan penghasilan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepuasan pernikahan pada wanita ditinjau dari jumlah penghasilan (p=0.089, SE=10.6%).

Berdasarkan analisis terhadap aspek-aspek kepuasan pernikahan diketahui bahwa ada perbedaan kepuasan pernikahan pada aspek pengelolaan keuangan (p=0.036, SE=13.6%) dan pada aspek kesetaraan peran (p=0.072, SE=11.3%) ditinjau dari jumlah penghasilan. Dari interaksi antara faktor-faktor yang mempengaruhi aspek-aspek kepuasan pernikahan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepuasan pernikahan pada aspek keluarga dan teman ditinjau dari interaksi antara tahap pernikahan dengan pendidikan terakhir (p=0.074, SE=15.5%).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!