mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Kesepian Pada Narapidana Laki-laki dan Perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesepian pada narapidana laki-laki dan perempuan. Kesepian merupakan perasaan yang tidak menyenangkan yang disebabkan tidak adanya hubungan sosial seperti yang diharapkan dan tidak adanya hubungan intim karena terputusnya kontak sosial dengan orang-orang tertentu seperti anak, pasangan, orang tua atau relasi.

Kesepian memiliki empat kategori perasaan yang dirasakan oleh individu yang sedang kesepian, yaitu desperation, impatient boredom, selfdeprecation, dan depressión. Penelitian ini melibatkan sebanyak 93 narapidana, yang terdiri dari 52 narapidana laki-laki dan 41 narapidana perempuan sebagai subjek penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah bersifat nonprobability sampling dengan cara purposive sampling.

Adapun alat ukur yang digunakan berupa skala kesepian (dengan reliabilitas 0.901) yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada teori Rubenstein, Shaver, & Peplau (dalam Brehm, 2002). Berdasarkan analisa data, maka diperoleh nilai signifikansi 0.033 (p<0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kesepian yang signifikan pada narapidana laki-laki dan perempuan. Dimana narapidana laki-laki lebih kesepian daripada narapidana perempuan. Demikian juga pada setiap kategori kesepian.

Perasaan yang paling menonjol pada narapidana laki-laki dan perempuan adalah perasaan depression, kemudian diikuti dengan perasaan self-deprecation, impatientboredom, dan terakhir desperation. Berdasarkan mean skor pada setiap perasaan dapat dilihat bahwa narapidana laki-laki memiliki mean skor yang lebih tinggi daripada narapidana wanita. Berdasarkan hasil tambahan juga, diperoleh bahwa berdasarkan status pernikahan narapidana yang lebih kesepian adalah narapidana yang tidak menikah. Selain itu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kesepian yang signifikan antara narapidana laki-laki dan narapidana perempuan yang menikah. Demikian juga dengan narapidana yang tidak menikah.

Berdasarkan tingkat pendidikan narapidana yang lebih kesepian adalah narapidana dengan tingkat pendidikan SD. Selanjutnya, berdasarkan usia narapidana yang lebih kesepian berada pada narapidana dengan usia 18-22 tahun dan berdasarkan lama masa hukuman berada pada 7-12 tahun, serta berdasarkan sisa masa hukuman berada pada 6-10 tahun. Hasil tersebut diperoleh dengan melihat mean skor dari setiap data tambahan yang diperoleh.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!