mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Penyesuaian Perkawinan Pada Wanita Dewasa Dini yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif yang mencoba untuk mengetahui perbedaan penyesuaian perkawinan pada wanita dewasa dini yang bekerja dan tidak bekerja.

Di antara sekian banyak tugas perkembangan orang dewasa dini, tugas-tugas yang berkaitan dengan pekerjaan dan kehidupan berkeluarga merupakan tugas yang sangat banyak, sangat penting, dan sangat sulit diatasi (Hurlock, 1990). Dalam perkawinan ditetapkan komitmen untuk hidup sebagai suami istri dan bagaimana hubungan tersebut dibentuk dan dipertahankan (Dyer, 1983). Masalah yang muncul pada tahun pertama perkawinan adalah proses penyesuaian (Hassan, 2005).

Kriteria keberhasilan penyesuaian perkawinan dikemukakan oleh Hurlock (1990), yaitu kebahagiaan suami istri, kemampuan untuk memperoleh kepuasan dari perbedaan pendapat, kebersamaan, penyesuaian yang baik dalam masalah keuangan, dan penyesuaian yang baik dari pihak keluarga. Individu melakukan penyesuaian perkawinan berbeda satu-sama lain. Bagi wanita bekerja dan tidak bekerja diketahui memiliki peran berbeda setelah memasuki tahap perkawinan.

Dengan adanya perbedaan tersebut, maka diyakini akan berbeda pula penyesuaian perkawinan pada wanita bekerja dan tidak bekerja. Penelitian ini melibatkan 50 orang wanita dewasa dini yang bekerja dan tidak bekerja sebagai subyek penelitian. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wanita bekerja dan tidak bekerja usia 20-40 tahun yang memiliki usia perkawinan 1-2 tahun.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana data yang didapatkan akan diolah dengan menggunakan uji t. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian perkawinan berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Hurlock (1990). Hasil analisis data menunjukkan tidak ada perbedaan penyesuaian perkawinan pada wanita dewasa dini yang bekerja dan tidak bekerja dengan nilai ρ = 0.975, dimana subyek wanita bekerja tidak bekerja memiliki nilai mean yang lebih tinggi (X = 126.60), sedangkan subyek wanita tidak bekerja memiliki nilai mean yang lebih rendah (X = 125.92).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!