mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Self Directed Learning Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Sekolah Menengah Kejuruan Di Yayasan Dharma Bakti Medan. Self directed learning merupakan peningkatan pengetahuan, keahlian, prestasi, dan pengembangan diri individu dalam belajar. Self directed learning penting dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa SLTA yakni siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Perbedaan siswa SMA dan siswa SMK dapat dilihat dari metode belajar dan lingkungan belajar siswa. Hal inilah yang dapat mempengaruhi self directed learning pada dua jenis pendidikan yang berbeda ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan self directed learning siswa SMA dan siswa SMK di Yayasan Dharma Bakti Medan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 140 orang, yaitu 70 orang siswa SMA dan 70 orang siswa SMK.

Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self directed learning berdasarkan aspek-aspek self directed learning yang dikemukakan Gibbons (2002) yaitu mengontrol banyaknya pengalaman belajar yang terjadi, perkembangan keahlian, mengubah diri pada kinerja yang paling baik, manajemen diri siswa, serta motivasi dan penilaian diri siswa.

Uji daya beda aitem dilakukan dengan menggunakan koefisien kolerasi Pearson Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitas alat ukur menggunakan teknik koefisien Alpha dari Cronbach. Berdasarkan hasil estimasi daya beda aitem dan reliabilitas terhadap daya uji coba maka diperoleh koefisien alpha keseluruhan aitem 0,923. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

Pengolahan data dibantu dengan program SPSS 16.00 for windows dan diperoleh hasil p=0,004 (p<0,05). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan self directed learning siswa SMA dan siswa SMK. Hasil penelitian tambahan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self directed learning antara laki-laki dan perempuan dimana perempuan memiliki self directed learning yang lebih tinggi dibanding dengan laki-laki.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!