mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skrpsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai. Pola asuh orangtua merupakan segala bentuk dan proses interaksi yang terjadi antara orangtua dan anak yang merupakan pola pengasuhan tertentu dalam keluarga yang akan memberi pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak (Baumrind, 1978).

Dalam Skrpsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai ini dijelaskan bahwa orangtua bebas memberikan bentuk pola asuh kepada anak-anaknya yang menurut mereka terbaik. Namun ada juga hal-hal yang turut mempengaruhi pola asuh orangtua tersebut seperti pendidikan, lingkungan, dan budaya (Edwards, 2006). Hal tersebut memiliki peranan yang penting dalam pola asuh yang diberikan oleh orangtua. Pola asuh orangtua tersebut yaitu Authoritarian, Authoritative, dan Permissive (Baumrind, 1971).

Penelitian Skrpsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai ini yaitu kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran pola asuh orangtua pada masyarakat pesisir pantai melalui metode wawancara mendalam yang di dukung dengan observasi dengan jumlah responden empat orang. Teknik pengambilan responden dilakukan dengan operational construct sampling.

Penelitian dilakukan di desa Medang Deras. Hasil penelitian Skrpsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua pada masyarakat pesisir pantai yaitu pendidikan, lingkungan, budaya. Selain itu ditemukan faktor lain yang mempengaruhi yaitu agama yang dianut, serta pola asuh yang diturunkan oleh orangtua terdahulu.

Pola asuh yang terlihat dari hasil penelitian Skrpsi Psikologi Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai ini yaitu orangtua tidak mempunyai kecendrungan untuk menggunakan salah satu jenis pola asuh saja, orangtua menggunakan kombinasi bentuk pola asuh seperti authoritarian dengan permissive, authoritative dengan permissive, dan ada yang mengkombinasikan ketiganya yaitu authoritarian, authoritative dan permissive.

Pola asuh authoritarian ditunjukkan dengan adanya hukuman secara fisik jika anak tidak mematuhi orangtuanya seperti tidak mau belajar Al-Qur’an atau pergi melaut. Sedangkan permissive ditunjukkan melalui ketidakpedulian orangtua akan hal pendidikan sekolah anak-anaknya, jika anak sudah tidak ingin sekolah maka anak pun akan dibiarkan saja, orangtua lebih menganggap pendidikan sekolah itu tidak penting, karena percuma disekolahin tinggi-tinggi pada akhirnya akan melaut juga. Sedangkan pola asuh authoritative terlihat dari orangtua yang tidak pernah memberi hukuman secara fisik ketika anak-anaknya melakukan kesalahan tapi orangtua memberikan arahan pada anak-anaknya, orangtua dekat dengan anak-anaknya, komunikasi yang terjalin sering karena anak dan orangtua selalu bercanda serta anak juga banyak cerita tentang masalahnya pada orangtuanya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!